PENGARUH FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN EKSTERNAL TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN (Survei pada Wisatawan Museum Angkut Batu Jawa Timur)

Authors

  • Dilla Feni Olivia

Abstract

The study was conducted to determine the environmental factors on the formation of tourist behavior as consumers of tourism consumers come from outside (external). The purpose of thus research is to determine how the influence of external environmental factors simultaneously and partially on the decision tourists visit the Museum Angkut Batu. Culture, social class, reference groups and families as factors forming tourism consumer behavior. Based on the research that has been done, the four external environmental factors together give effect to the formation of tourist behavior and demonstrated the value of Ftest is greater than the Ftable, is 8,503 > 2,47. This study also states that each external environmental factors influence partially to tourists visiting the decision-making process. This is evidenced from the value of each ttest greater than the value ttable where the value obtained for 1,987 ttable. Cultural variables have ttest of 3,007. Social class variable of 2,131. Reference groups variable of 2,090. And ttest of family variables is 2,567. Based on the research that has been conducted cultural factors as the most dominant factor as seen from the value of the standardized beta coefficient in the equation is at least 0,285 greater than the external environment variables.

Keyword : Culture, Social Class, Reference Group, Family, Decision Tourist Visit

Abstrak

Penelitian dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor lingkungan terhadap pembentukan perilaku wisatawan sebagai konsumen pariwisata yang berasal dari luar diri konsumen (eksternal). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor-faktor lingkungan eksternal secara simultan dan secara parsial terhadap keputusan berkunjung wisatawan Museum Angkut Batu Jawa Timur. Budaya, kelas sosial, kelompok referensi dan keluarga sebagai faktor-faktor pembentuk perilaku konsumen pariwisata. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, keempat faktor lingkungan eksternal secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap pembentukan perilaku wisatawan dan dibuktikan dari nilai Fhitung yang lebih besar dari pada Ftabel, yaitu 8,503 > 2,47. Penelitian ini juga menyatakan bahwa masing-masing faktor-faktor lingkungan eksternal memberikan pengaruh secara parsial terhadap proses pengambilan keputusan berkunjung wisatawan. Hal tersebut dibuktikan dari nilai masing-masing thitung yang lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel dimana nilai ttabel yang diperoleh sebesar 1,987. Variabel budaya memiliki nilai thitung sebesar 3,007. Variabel kelas sosial sebesar 2,131. Variabel kelompok referensi sebesar 2,090. Serta nilai thitung dari variabel keluarga adalah 2,567. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan faktor budaya sebagai faktor paling dominan karena dilihat dari nilai koefisien beta dalam persamaan standardized adalah sebesar 0,285 paling besar dibandingkan variabel lingkungan eksternal lainnya.

Kata Kunci: Budaya, Kelas Sosial, Kelompok Referensi, Keluarga, Keputusan Berkunjung Wisatawan.

Downloads

Published

2015-04-07

Issue

Section

Articles