ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR AKUNTANSI PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERN (Studi Kasus pada PT. Enseval Putera Megatrading Tbk Malang)

Authors

  • Shinta Dwi Prana Dewi

Abstract

This research aims to know the system and procedure of selling accountancy and cash receipts that has already or yet support an internal management that includes related function, document used, record of account used, information needed by management, procedure and internal management substances in giving improvement proposals from any system that lacked and procedure of selling accountancy and cash receipts. This research used a descriptive research by using case study approach. Data to be used in this research was data related to the system and procedure of selling accountancy and cash receipts such as organization structure, system of authorization and procedure of recording, fair practice and employee which its quality is in accordance to their responsibilities.

Key Word : system, procedure, selling, cash receipts, Internal control

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem dan prosedur akuntansi penjualan dan penerimaan kas yang telah atau belum medukung pengendalian intern yang meliputi fungsi yang terkait, dokumen yang digunakan, catatan kuntansi yang digunakan, informasi yang dibutuhkan oleh manajemen, prosedur dan unsur-unsur pengendalian intern untuk memberikan usulan perbaikan dari kekurangan sistem dan prosedur akuntansi penjualan dan penerimaan kas. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis peneitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang berkaitan dengan sistem dan prosedur akuntansi penjualan dan penerimaan  yaitu fungsi yang terkait, dokumen yang digunakan, catatan akuntansi yang digunakan, informasi yang dibutuhkan oleh manajemen, prosedur dan juga unsur-unsur pengendalian intern yang meputi struktur organisasi, sistem otorisasi dan prosedur pencatatan, praktik yang sehat dan karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawab.

Kata Kunci : Sistem, Prosedur, Penjualan, Penerimaan kas, Pengendalian Intern


Downloads

Published

2015-04-02

Issue

Section

Articles