ANALISIS FAKTOR MIKRO TERHADAP STRUKTUR MODAL DAN NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Non-Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Indeks LQ 45 Periode 2009-2011)

Authors

  • Rizqy Wahyu Septiono Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
  • . Suhadak
  • . Darminto

Abstract

Tujuan penelitian yaitu, (1) menganalisis dan menjelaskan pengaruh variabel ukuran perusahaan, profitabilitas dan likuiditas terhadap variabel struktur modal perusahaan, (2) untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh variabel ukuran perusahaan, profitabilitas dan likuiditas terhadap variabel nilai perusahaan, (3) untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh variabel struktur modal terhadap variabel nilai perusahaan. Populasi penelitian yang digunakan meliputi perusahaan non-bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Indeks LQ 45 selama tahun 2009 hingga tahun 2011 dengan total sampel berjumlah 14 perusahaan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil analisis data membuktikan bahwa (1) variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, dan likuiditas berpengaruh secara signifikan terhadap variabel struktur modal, (2) variabel ukuran perusahaan, profitabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap variabel nilai perusahaan, sedangkan variabel likuiditas diperoleh hasil yang tidak signifikan pengaruhnya terhadap variabel nilai perusahaan, (3) variabel struktur modal berpengaruh secara signifikan terhadap variabel nilai perusahaan.

 

Kata kunci: faktor mikro perusahaan, ukuran perusahaan, profitabilitas, likuiditas, struktur modal dan nilai perusahaan.

 

Downloads

Published

2013-06-18

Issue

Section

Articles