PENGARUH PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (Survey Pada Warga di Desa Sidodadi Kelurahan Kalirejo Kecamatan Lawang Kabupaten Malang)

Authors

  • Silvania Mira Vegawati

Abstract

This study aims to determine the effect of Corporate Social Responsibility Program (CSR) to Corporate Image. This type of research is explanatory research, the quantitative approach. This study was conducted in the village sidodadi, kalirejo urban village, sub-district Malang Lawang .The sample of this study a number of 120 respondents. Sampling technique in this study using accidental sampling technique.Analysis using factor analysis and multiple linear regression analysis. The results showed that the factor analysis there are 21 indicators that make up the six factors: factor Environment,factor Community Support, factor Diversity, factor Employee Support, factor Product, and factorNon-Teritorial Operations. The results of the multiple linear regression anaisis showed that six variables have significant influence on the image of the Company, both together (simultaneously) or partially.By partially known that the dominant variable is Employee Support it’s influence to corporate Image because have highest Beta coefficient value that is equal to 0,674 and highest thitung equal to 4,105 compared to a other variable.

Keyword: CSR Program, Corporate Image

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Program Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Citra Perusahaan.Jenis penelitian yang digunakan yaitu explanatory research, dengan pendekatan kuantitatif.Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sidodadi Kelurahan Kalirejo Kecamatan Lawang Kabupaten Malang.Sampel dari penelitian ini sejumlah 120 orang responden.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Accidental Sampling.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada analisis faktor terdapat 21 indikator yang membentuk 6 faktor yaitufaktor Environment,faktorCommunity Support, faktorDiversity, faktorEmployee Support, faktorProduct, dan faktorNon Teritorial Operations. Hasil pada analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa pada keenam variabel memiliki pengaruh secara signifikan terhadap Citra Perusahaan baik secara bersama-sama maupun secara parsial.Variabel Employee Support berpengaruh dominan terhadap Citra perusahaan karena memiliki nilai koefisien Beta yang tertinggi yaitu sebesar 0,674 dan thitung yang tertinggi sebesar 4,105 dibandingkan dengan variabel-variabel lainnya.

Kata Kunci: Program CSR, Citra Perusahaan

Downloads

Published

2015-03-27

Issue

Section

Articles