PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN DAN SIKAP PENGGUNA ONLINE SHOP TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN REKENING BERSAMA (Studi Pada Pengguna kaskus.com)

Authors

  • Ian Deshapri Indrayanto

Abstract

Progress of information technology which is very fast make everything was very practical, one of these activities sale-purchase. With the ease of transaction long distance has also potential to eliciting criminal action fraud through online transaction because there is no guarantee the security of transactions besides honesty both parties own. This research aims to influence perceptions aware of expedience and attitude online users shop against the interest of using a joint account and provide input to kaskus.com to the use of a joint account increasingly rise so that acts of deception in online transaction can be minimized. A method of analysis of this research is the quantitative analysis. The kind of research used in this research is research explanatory. With a quantitative approach. A source of data in this study that is primary data and secondary data, primary data used namely by way of spreading kuisioner online to the respondents, and secondary data used that is, from reports, a journal and archive relevant literature-literature. Data analysis using analysis double linear regression. The research results show that the perceived usefullness and users attitudes have leverage that significantly to interest use a joint account, in silmultan and partial. Variable attitude having influence most dominant against behavioral intention to use a joint account

Keywords: perceived usefullness, users attitudes, behavioral intention to use

 

ABSTRAK

 

Kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat membuat segala sesuatunya menjadi sangat praktis, salah satunya kegiatan jual beli. Dengan adanya kemudahan transaksi jarak jauh ini juga berpotensi memunculkan aksi kejahatan penipuan melalui transaksi online karena tidak adanya jaminan keamanan transaksi selain kejujuran kedua belah pihak sendiri. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh persepsi kemanfaatan dan sikap pengguna online shop terhadap minat menggunakan rekening bersama dan memberi pendapat bagi kaskus.com dengan tujuan pemakaian rekening bersama semakin meningkat sehingga tindak penipuan dalam transaksi online bisa diminimalisir. Penelitian ini memakai metode analisa kuantitatif. Penelitian ini memakai jenis penelitian explanatory (explanatory research). Terdapat dua sumber data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dengan dengan cara menyebarkan kuesioner secara online kepada para responden, sedangkan data sekunder yang dipakai dalam penelitian berasal dari jurnal, arsip literature-literature dan laporan-laporan yang relevan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa persepsi kemanfaatan dan sikap pengguna mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat menggunakan rekening bersama, secara silmultan dan parsial. Variabel sikap memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap minat menggunakan rekening bersama.

Kata kunci : persepsi kemanfaatan, sikap pengguna, minat menggunakan

Downloads

Published

2015-03-05

Issue

Section

Articles