PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN DAMPAKNYA PADA CITRA PERUSAHAAN (SURVEI PADA MASYARAKAT SEKITAR PT. GREENFIELDS INDONESIA YANG BERTEMPAT TINGGAL DI RW. 02 DUSUN MADUARJO DESA BABADAN KECAMATAN

Authors

  • Ainul Chanafi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Persepsi Masyarakat terhadap Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dan Dampaknya pada Citra Perusahaan. Variabel eksogen dalam penelitian ini adalah Persepsi yang terdiri dari Perhatian (X­1), Pemahaman (X­2) dan Ingatan (X3) dan variabel antara dalam penelitian ini adalah Implementasi Corporate Social Responsibility/CSR (Z), sedangkan variabel endogen adalah Citra Perusahaan (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan(explanatory research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini berlokasi di RW. 02 Dusun Maduarjo Desa Babadan Kematan Ngajum Kabupaten Malang. Populasi yang digunakan adalah Kepala Keluarga (KK) yangmemanfaatkan program CSR PT. Greenfields Indonesia. Teknik simple random sampling digunakan untuk menentukan sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Analisis deskriptif dan analisis jalur digunakan untuk menentukan hasil analisis data dalam penelitian ini. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Persepsi Masyarakat yang terdiri dari variabel Perhatian , Pemahaman dan Ingatan (X) terhadap variabel Implementasi Corporate Social Responsibility/CSR (Z) dengan signifikansi p-value sebesar 0,008 (<0,05) , 0,796 (>0,05) dan 0,000 (<0,05). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel Implementasi Corporate Social Responsibility/CSR (Z) terhadap variabel Citra Perusahaan (Y) dengan siginifikasi p-value sebesar 0,000 (<0,05). Hasil analisis juga menunjukkan bahwa Persepsi Masyarakat yang terdiri dari variabel Perhatian, Pemahaman dan Ingatan (X) secara tidak langsung berpengaruh terhadap variabel Citra Perusahaan (Y) melalui variabel Implementasi Corporate Social Responsibility/CSR (Z) sebagai variabel antara dengan signifikasi p-value sebesar 0,030 (<0,05), 0,552 (>0,05) dan 0,001 (<0,05). Masyarakat memiliki pandangan yang positif terhadap keberadaan PT. Greenfields Indonesia, khususnya Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) , dan PT. Greenfields Indonesia perlu untuk terus mengembangkan dan memberikan informasi yang lebih rinci dan akurat mengenai program CSR, dengan demikian informasi tersebut dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR sehingga meningkatkan Citra Perusahaan PT. Greenfields Indonesia.   Kata Kunci: Pesepsi Masyarakat, Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR), Citra Perusahaan.

Author Biography

Ainul Chanafi

Downloads

Published

2015-03-05

Issue

Section

Articles