PENGARUH CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPERCAYAAN SERTA DAMPAKNYA PADA MINAT BELI (Studi pada Penjual Online yang Menggunakan Jasa Pengiriman PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE))

Authors

  • Merza Ariszani

Abstract

This research aims to explain the influence of corporate image of the trust, the influence of corporate image on purchase intention, and the effect of trust on purchase intention. This study is an explanation or explanatory research with a quantitative approach and measurement of population in this study is the online sellers who use the services of shipping PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). The sample in this study were 102 respondents using purposive sampling technique. Methods of data collection in this study using a questionnaire. Analysis of the data used is descriptive analysis and path analysis (path analysis). The results of this study found that: corporate image variables significantly influence the variables of trust; corporate image variables significantly influence the variable purchase intention; and trust variables significantly influence the variable purchase intention. Thus, PT. TIKI Line Ekakurir Nugraha (JNE) while maintaining quality of service, to improve the image of a good and positive. Therefore, PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) while maintaining quality of service, to improve the image of a good and positive.

Keywords: Corporate Image, Trust, Purchase Intention.

Abstrak

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh citra perusahaan terhadap kepercayaan, pengaruh citra perusahaan terhadap minat beli, dan pengaruh kepercayaan terhadap minat beli. Penelitian  ini adalah penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dan pengukuran populasi pada penelitian  ini adalah penjual online yang menggunakan jasa pengiriman PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Sampel pada penelitian ini sebanyak 102 orang responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner/angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa: variabel citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepercayaan; variabel citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli; dan variabel kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli. Dengan demikian, PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) tetap mempertahankan kualitas pelayanan jasa, untuk meningkatkan citra yang baik dan positif.

Kata kunci: Citra Perusahaan, Kepercayaan, Minat Beli

Downloads

Published

2015-03-05

Issue

Section

Articles