PENGARUH R&D EXPENDITURE TERHADAP PENJUALAN (Studi Kasus Pada Nissan Motor Company Ltd)

Authors

  • Agung Darmawan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh   R&D expenditure terhadap penjualan Nissan Motor Company Ltd. Penelitian ini juga menjelaskan bagaimana implikasi harga minyak dunia sebagai variabel kontrol dalam hubungan antara R&D expenditure dan harga minyak dunia. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Penelitan ini menggunakan data sekunder yaitu data   penjualan, R&D expenditure Nissan Motor Company dan harga minyak dunia  yang diperoleh dari website resmi dan publikasi industri. Data yang diperoleh digunakan sebagai bahan analisis persamaan regresi pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan otomotif  Nissan Motor Company dapat memperoleh peningkatan penjualan melalui peningkatan kemampuan dan produktifitas hasil pendayagunaan investasi R&D. R&D expenditure berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan perusahaan untuk menciptakan teknologi baru inovasi baru yang berdaya saing tinggi yang sulit ditiru oleh pesaing.  Hasil temuan lain menunjukkan bahwa Kenaikan harga minyak dunia tidak mempengaruhi hubungan antar R&D expenditure terhadap penjualan.  Kenaikan harga minyak dapat disiasati oleh produsen otomotif dengan mendayagunakan  R&D expenditure sebagai modal untuk menciptakan  produk yang lebih efisien dan menarik bagi pelanggan. Konsumen cenderung merubah pola konsumsi ke jenis kendaraan yang efisien untuk mengimbangi kenaikan harga minyak dunia. Kata kunci : R&D Expenditure, Penjualan dan Harga Minyak Dunia. Abstract The purpose of this study is to determine the effect of R&D expenditure on sales of Nissan Motor Company Ltd. This study also describes implications of world oil prices as a control variable in the relationship between R&D Expenditure and world oil prices. This research is an explanatory research with a quantitative approach. Uses secondary data, sales, R&D expenditure Nissan Motor Company and world oil prices are acquired from the official website and publication industry. Data acquired used as the regression equation analysis in this study. The results showed that Nissan Motor Company could experience an increase in sales through increased capacity utilization and productivity of investment in R&D. R&D expenditure significant effect on the improvement of the company's ability to create new technology new innovations with high competitiveness that are difficult to imitate by competitors. Other findings indicate that the rise in world oil prices do not affect the relationship between R&D expenditure on sales. The increase in oil prices can be circumvented by automotive manufacturers to leverage R&D expenditure as a capital to create products that are more efficient and attractive to customers. Consumers tend to change consumption patterns to the type of efficien vehicles to offset the increase in world oil prices. Keywords: R&D Expenditure, Sales and World Oil Prices

Downloads

Published

2015-02-17

Issue

Section

Articles