PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (Survei pada Masyarakat Penerima Program CSR PT. PINDAD (Persero) di Kelurahan Sedayu, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang)

Authors

  • Husni Falah Wijaya

Abstract

This research aims to examine: (1) the effect of Corporate Social Responsibility (CSR) which consists of the Social Aspects, Economic Aspects and Environmental Aspects, jointly and partially to the company's image; (2) a variable that has a dominant influence on the image of the company. The type of they research is explanatory with a quantitative approach. The population in this study is the public who receiving CSR program of PT. PINDAD (Persero) who lived in RW 01, 04 and 05 the Sub District of Sedayu , District of Turen, Regency of Malang and as many as 89 people respondent research sample. The sampling technique using proportionate stratified random sampling. The data analysis used are descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The results of multiple linear regression analysis showed that the variables in the CSR concept jointly and partially with positive and significant relationship to the Corporate Image. F is 0,000 sig.F value. While partially Social Aspects variable shows value of sig t 0011. Economic Aspects variables indicates value of t sig 0,001. Environmental Aspects variable indicates value of t sig 0.004. So detected variables that have a dominant influence on Corporate Image variable is variable Economic Aspects. Based on the results, it can be concluded that the public has a fairly good assessment of the CSR program of PT. PINDAD (Persero). Although expected the company to maintain and improve the quality of CSR programs. Keywords: Corporate Social Responsibility and Company's Image Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh variabel Corporate Social Responsibility (CSR) yang terdiri dari Aspek Sosial, Aspek Ekonomi dan Aspek Lingkungan, secara bersama-sama dan parsial terhadap citra perusahaan; (2) variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap citra perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat penerima program CSR dari PT. PINDAD (Persero) yang tinggal di RW 01, 04 dan 05 Kelurahan Sedayu, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang dan sebanyak 89 orang responden dijadikan sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel-variabel dalam konsep CSR secara bersama-sama dan secara parsial mempunyai pengaruh positif dan hubungan yang signifikan terhadap Citra Perusahaan. Secara bersama-sama nilai sig.F 0,000, sedangkan secara parsial variabel Aspek Sosial menunjukkan nilai sig t sebesar 0,011. Variabel Aspek Ekonomi menunjukkan nilai sig t sebesar 0,001. Variabel Aspek Lingkungan menunjukkan nilai sig t sebesar 0,004. Diketahui juga variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel Citra Perusahaan adalah variabel Aspek Ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa masyarakat mempunyai penilaian yang cukup baik terhadap program CSR dari PT. PINDAD (Persero), meskipun demikian diharapkan pihak perusahaan dapat mempertahankan serta meningkatkan mutu dari program-program CSR yang dijalankan. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility dan Citra Perusahaan

Downloads

Published

2015-02-06

Issue

Section

Articles