ANALISIS AUDIT OPERASIONAL UNTUK MENILAI EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PRODUKSI (Studi Pada Bagian Produksi PT Netania Kasih Karunia, Pasuruan, Jawa Timur)

Authors

  • Rizka Intan Sahara

Abstract

The development of the business world is increasingly rapidly lead to any major changes in terms of competition and in the field of production. Based on the change in steering the company on the idea of the efficiency and effectiveness of production. Application of operational audit on the production very helpful in exploring of information about the efficiency and effectiveness production activities. The study was conducted at PT Netania Kasih Karunia which is one of the manufacturing companies in the industrial Location PIER Pasuruan, East java. The method used in this research is descriptive method with qualitative research. The focus in this study is the organizational structure, production activities and important element of the audit purposes. This research shows that in 2010 up to 2012 the use of raw materials, labor was not efficient. Idle capacity of production machine from 2010 to 2012 has increased resulting in a decrease in efficiency. The effectiveness of the use of raw materials, labor, and machine capacity are tend still below 100%.

 Keywords: Operational Audit, Efficiency , Effectiveness 

ABSTRAK

Perkembangan dunia bisnis yang semakin pesat menyebabkan adanya perubahan besar dalam hal persaingan dan dalam bidang produksi. Berdasarkan pada perubahan tersebut mengarahkan perusahaan pada gagasan mengenai efisiensi dan efektivitas produksi. Penerapan audit operasional pada bagian produksi sangat membantu dalam menggali informasi tentang efisiensi dan efektivitas kegiatan produksi. Penelitian dilakukan pada PT Netania Kasih Karunia yang merupakan salah satu perusahaan manufaktur di Lokasi Industri PIER Pasuruan Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Fokus pada penelitian ini adalah struktur organisasi, kegiatan produksi dan elemen penting dalam tujuan audit. Penelitian yang dilakukan ini menunjukkan bahwa pada tahun 2010 sampai dengan tahun 2012 penggunaan bahan baku, tenaga kerja masih belum efisien. Kapasitas menganggur dari mesin produksi dari tahun 2010 sampai dengan 2012 mengalami peningkatan sehingga menyebabkan penurunan efisiensi. Efektivitas penggunaan bahan baku, tenaga kerja, dan kapasitas mesin cenderung masih dibawah 100%.

Kata Kunci: Audit Operasional, Efisiensi, Efektivitas

Downloads

Published

2015-02-06

Issue

Section

Articles