ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI SALAH SATU ALAT PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada PT. ABC Tahun 2011 – September 2014)

Authors

  • Eprianita Mey Wulansari

Abstract

Nowaday’s, business competition get more tight. The reason it happened because there are many companies having a competitive performance. Adynamic businesss environment makes the company should more care abaout the strategy. Performance measurement is an important factor in the company. Only the aspect of financial performance measurement company can make less good condition , because measuring performance in non financial aspects also needed. Balanced scorecards (bsc) is one of alternatives in measuring the performance of a company that aims to know the results of financial and non financial performance. BSC has four important pespectives which were a financial perspective, customer perpective, internal business process perpective, learning and growth perspective. The purpose of this research is to know the performance of the PT. ABC in 2012 – September 2014 on financial and non financial aspects. Research methotds used in research is descriptive research with research in PT. ABC. The technique of data collection is using interview and documentation. Data analysis used in performance measurement PT. ABC is using the balanced scorecard. The overall results of this study indicate that the performance of PT. ABC in 2012 – September 2014 measured on four pespectives of the balanced scorecard still do not have good performance.   .Keyword: Performance Measurement, Balanced Scorecard Abstrak Persaingan dunia bisnis semakin lama semakin besar, ini diakibatkan karena banyak munculnya perusahaan pesaing yang kompetitif. Lingkungan bisnis yang dinamik membuat perusahaan harus lebih peduli terhadap strategi. Pengukuran kinerja merupakan faktor yang penting dalam perusahaan. Pengukuran kinerja hanya aspek keuangan dapat membuat kondisi perusahaan kurang baik, karena dalam mengukur kinerja juga diperlukan aspek non keuangan. Balanced Scorecard (BSC) merupakan salah satu alternatif dalam mengukur kinerja perusahaan yang bertujuan mengetahui hasil kinerja keuangan dan non keuangan. BSC mempunyai empat perspektif penting diantaranya, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja PT. ABC tahun 2011 – September 2014 pada aspek keuangan dan non keuangan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan lokasi penelitian di PT. ABC. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan sebagai pengukuran kinerja PT. ABC adalah menggunakan balanced scorecard. Hasil keseluruhan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja dari PT. ABC tahun 2012 – September 2014 yang diukur atas empat perspektif dalam balanced scorecard masih belum memiliki kinerja yang baik. Kata Kunci: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard

Downloads

Published

2015-02-05

Issue

Section

Articles