PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP SIKAP (Survei pada Ibu Rumah Tangga Konsumen Pewangi dan Pelembut Pakaian Merek “Molto Sekali Bilas” di Desa Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri)

Authors

  • Lina Fibrianti Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
  • Achmad Fauzi
  • Zainul Arifin

Abstract

Sikap seseorang terhadap atribut produk dapat berbeda – beda karena keyakinan serta evaluasi terhadap atribut yang dimiliki produk tersebut. Di samping itu masih ada faktor lain turut berpengaruh yang pada akhirnya akan menentukan minatnya membeli suatu produk. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai F signifikansi yaitu sebesar 0,000 (α < 0,05), yang berarti bahwa secara bersama – sama variabel – variabel Merek (X1), Mutu (X2), Label (X3), dan Kemasan (X4) mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel Sikap Konsumen (Y). Hasil R2 (koefisien determinasi) sebesar 0,689, berarti bahwa 68,9% variabel Sikap Konsumen akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Merek (X1), Mutu (X2), Label (X3), dan Kemasan (X4). Sedangkan sisanya sebesar 31,1% akan dipengaruhi oleh variabel – variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial dengan membandingkan taraf signifikan α yaitu 0,05. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai sig. t sebesar 0,040 untuk variabel Merek (X1), Mutu (X2) sebesar 0,045, Label (X3) sebesar 0,046, dan Kemasan (X4) sebesar 0,049. Hal ini menunjukkan nilai sig. t untuk masing – masing variabel bebas kurang dari 0,05 (nilai sig. t < 0,05) yang berarti keempat variabel bebas mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel terikat secara parsial. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa variabel – variabel dalam Atribut Produk baik secara bersama – sama maupun secara parsial mempunyai pengaruh terhadap Sikap. Keempat variabel bebas tersebut menunjukkan variabel Merek memiliki pengaruh yang dominan terhadap Sikap Konsumen. Kata kunci : atribut produk, merek, mutu, label, kemasan, dan sikap

Downloads

Published

2013-06-18

Issue

Section

Articles