BUSINESS ENVIRONMENT ANALYSIS AS BASIS FORMULATION OF FIRM STRATEGY IN FACE OF GLOBAL COMPETITOR (A Case Study on CV. Kaboel Craft, Desa Kasongan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta)

Authors

  • Erni Ambarwati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan strategi alternatif yang tepat dan mengimplementasikan strategi tersebut guna menghadapi persaingan global. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Menggunakan alat analisis yang tersedia yakni IFAS dan EFAS sebagai tahap pengumpulan data pada lingkungan eksternal dan internal perusahaan, kemudian dilanjutkan dengan matriks IE dan matriks TOWS sebagai tahap analisis data, dan diakhiri dengan tahap pengambilan keputusan menggunakan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan memiliki potensi untuk mampu menghadapi persaingan global dengan total skor EFAS 3.10 dan IFAS 3.16, perusahaan berada pada sel I yakni sel growth and build strategy dengan strategi intensif. Alternatif strategi yang dapat digunakan perusahaan dalam menghadapi persaingan global setelah dilakukan analisis pada QSPM yakni strategi pengembangan produk, dan diikuti dengan strategi perluasan pasar. Kata Kunci: Ekspor, Strategi, Analisis SWOT.   ABSTRACT The goal of this research is to find alternatives strategies and apply the strategy on the firm to face global competitors. This research uses qualitative descriptive approach. Some analysis tools such as IFAS and EFAS as stage of data collection on the external and internal environments, then is proceed by IE matrix and TOWS matrix as stage of data analyze and finished with QSPM matrix to reach decision of strategy are used as research methods. The result shows that, the firm has competitiveness to face global competitors with EFAS score 3.10 and IFAS score 3.16, which position appropriate in cell I on IE Matrix describes growth and build strategy with intensive strategies as alternatives strategies. Based on QSPM Matrix, the alternatives strategies can be implemented are product development strategy, followed by market development strategy. Keywords: Export, Strategy, SWOT Analysis.

Downloads

Published

2015-01-29

Issue

Section

Articles