IMPLEMENTASI SISTEM INDONESIA NATIONAL SINGLE WINDOW (INSW) SEBAGAI UPAYA PENDORONG KELANCARAN ARUS BARANG EKSPOR DAN IMPOR (Studi Kasus pada KPPBC Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabaya)

Authors

  • Karina Tri Hapsari

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi Sistem Indonesia National Single Window (INSW) di KPPBC Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabaya dan mengetahui peran INSW dalam upaya mendorong kelancaran arus barang ekspor dan impor di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Penelitian ini juga menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari Sistem INSW serta hambatan dan kendala yang dialami para pengguna jasa selama sistem ini diimplementasikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dengan melakukan wawancara pada pihak-pihak terkait dan data sekunder dengan pengambilan data yaitu dokumentasi di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian Sistem INSW dapat dikategorikan lancar, karena menghasilkan dampak yang positif bagi pengguna jasa. Kelancaran dari implementasi Sistem INSW telah dibuktikan oleh beberapa data yang menguatkan pendapat bahwa Sistem INSW memberikan dampak positif terkait kelancaran arus barang ekspor dan impor. Sistem INSW sangat berperan penting dalam rangka memperlancar arus barang ekspor dan impor. Adanya Sistem INSW memudahkan petugas KPPBC Tipe Madya Pabean Tanjung Perak dalam memroses dokumen ekspor maupun impor karena data yang diinput oleh Eksportir/Importir telah diseleksi oleh Sistem INSW, sehingga menghasilkan data valid dan cepat dalam proses penanganannya.

 

Kata Kunci : Ekspor, Impor, Sistem Indonesia National Single Window (INSW)

Abstract

The purpose of this study is to determine the implementation of Indonesia National Single Window (INSW) System in KPPBC Tipe Madya Tanjung Perak and to investigate INSW role in order to encourage the swift flow of exports and imports goods at the Port of Tanjung Perak. This study describes the advantages and disadvantages of INSW System as well as the barriers and constraints experienced by the users where the system is implemented. The research method used in this study is descriptive with a qualitative approach. The data is primarily obtained through interviews, and secondary data acquired documentation at field of study. The results show that the implementation of the INSW System can be categorized as good, because it gives a positive impact for the users. The smoothness of the implementation of INSW System has been demonstrated by several data that reinforce the notion that INSW Systems impacts positively related to the flow of exports and imports goods. The INSW System facilitates officers in processing exports/imports documents as the data inputted by the Exporter/Importer has been filtered by INSW System resulting in valid and fast data in handling process.

Keyword : Export, Import, Indonesia National Single Window (INSW) System

Downloads

Published

2015-01-27

Issue

Section

Articles