ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN DALAM UPAYA MENDUKUNG PENGENDALIAN INTERN PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Kacang Shanghai “Gangsar” Ngunut Tulungagung)

Authors

  • Devi Tri Rahayu Retnaningtyas

Abstract

The proper human resource management will create optimal contribution for the company. One of the most important elements in managing human resources is applying the policy of compensation exactly and properly by giving payroll and wages. The purpose of this study was to determine the systems and procedures to payroll and wages at the Shanghai Gangsar Tulungagung Nut Company. This research is a descriptive case study approach. Based on the research above will found that the document on the payroll and wage system is good enough to inform payroll and wages. Present time recording function is less effective in carrying out its duties to oversee the clock check performed. The organizational structure is good because they separate between the payroll funtion with the finance function. The authorization system was not fully showed the signature of accountability across functions. The suggestions for the company is to use overtime records and a receipt for salaries and wages for all employees who earn salaries and wages. Segregation of duties on the part of salaries and wages with part time measurement. Authorization system should be run by affixing a signature on any documents related to salary and wages by each function as evidence of accountability of each function.

Keyword : System, Procedures, Payroll, Internal Control

ABSTRAK

Pengelolaan sumberdaya manusia yang tepat akan memberikan kontribusi yang optimal bagi perusahaan. Unsur yang utama dalam mengelola sumberdaya manusia adalah dengan menerapkan kebijaksanaan kompensasi yang berupa gaji dan upah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem dan prosedur penggajian dan pengupahan pada Perusahaan Kacang Sanghai Gangsar Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa dokumen pada sistem penggajian dan pengupahan sudah cukup baik dalam menginformasikan penggajian dan pengupahan. Namun pada fungsi yang terkait belum menjalankan tugasnya dengan baik terlihat dari fungsi pencatatan waktu hadir kurang melakukan pengawasi proses check clock yang dilakukan oleh karyawan produksi. Struktur organisasi terkait penggajian dan pengupahan sudah baik karena telah memisahkan antara bagian gaji dengan keuangan. Sistem otorisasi belum seluruhnya menunjukkan tandatangan pertanggungjawaban seluruh fungsi yang terkait. Saran untuk perusahaan adalah untuk menggunakan catatan lembur dan bukti terima gaji dan upah untuk seluruh karyawan yang mendapatkan gaji dan upah. Pemisahan tugas pada bagian gaji dan upah dengan bagian pencatatan waktu. Sistem otorisasi sebaiknya dijalankan dengan membubuhkan tandatangan pada setiap dokumen terkait oleh masing-masing fungsi sebagai bukti pertanggungjawaban tiap fungsi.

Kata Kunci: Sistem, Prosedur, Penggajian, Pengendalian Intern

Downloads

Published

2015-01-23

Issue

Section

Articles