PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Warga Temenggungan Sebagai Pelanggan Indomie RT 10 RW 01 Kelurahan Sukoharjo Kecamatan Klojen Kota Malang)

Authors

  • Ruby Ayu Indah Sari

Abstract

The emulation trading between old brand product and apparation of various new product brand which enlivening market emulation especially for fast food product indomie. The aim is to know and explain influence variables Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association, Brand Loyality, simultaneously and partially of The Structure of the Purchase Decision. Data Analyse that been used in this research is description and multiple linear regression. Sample technique is Saturation Sampling. The number of sample is 58 persons respondent who decide to buy Indomie. The result of this research showed that Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association, Brand Loyality have positive and significant influence simultaneously and partially of The Purchase DecisionStructure. The conclution of this research is There is a significant influence of the variables Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association, Brand Loyality simultaneously and partially of Purchase Decision Structure, Variable Brand Loyality  is the dominant variable effecting on Purchase Decision Structure. Therefore, it is advisable to Indomie can maintain and increase of the Brand Loyality. Keywords : Brand, Brand Equity, The Structure Purchase Decision, Brand Awarness, Preceived Quality, Brand Asociation, Brand LoyalityAbstrakPersaingan perdagangan antar merek produk lama dan kemunculan berbagai merek produk baru yang meramaikan persaingan pasar khususnya untuk kategori produk makanan cepat saji indomie. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel- variabel Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Loyalitas Merek, secara simultan dan parsial terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel jenuh, dengan jumlah sampel adalah 58 orang responden yang memutuskan membeli Indomie. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, dan Loyalitas Merek berpengaruh positif dan signifikan secara simultan dan parsial terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh yang signifikan dari Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Loyalitas Merek terhadap Struktur Keputusan Pembelian. 2) Variabel Loyalitas Merek berpengaruh dominan terhadap terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Oleh karena itu disarankan kepada produsen Indomie dapat mempertahankan serta meningkatkan kerja terhadap loyalitas merek. Kata Kunci : Merek, Ekuitas Merek, Struktur Keputusan Pembelian,Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Loyalitas Merek

Downloads

Published

2015-01-21

Issue

Section

Articles