PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Pelanggan yang Menggunakan Jasa Pengiriman di Kantor Pos Besar Kota Malang)

Authors

  • Arfian Bimantara Putra

Abstract

The aims of this study were to know the effect of service marketing mix on purchasing decision both togethereously and partially. The research type is explanatory research with quantitative approach. The research population was all customers of Kantor Pos Besar Kota Malang with number of samples were 112 customers. The sampling technique used non-probability sampling method with purposive sampling technique. The descriptivestatistical analysis and inferential analysis were used to test research hypothesis. The results showed that: first, variables of service marketing mixtogethereously have significant effect on purchasing decisions. Secondly, variables of service marketing mix partially have significant effect on purchasing decision variable. However, there was a variable of service marketing mix did not significant to affect purchasing decision, that was promotion. Keywords: Servis Marketing Mix, Produc, Price, Promotion, Location, People, Process, Physical Evidence, Purchasing Decision.AbstractMaksud dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menguji keterpengaruhan dimensi structural, relational dan cognitive social capital terhadap kinerja pegawai BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan. Pengujian dimensi-dimensinya dilakukan secara terpisah maupun bersama-sama untuk mencermati perbedaan yang terjadi. Rancangan penelitian adalah kuantitatif, menggunakan pendekatan cross sectional dengan sampel sebanyak 52 responden yang merupakan total populasi. Variabel-variabel penelitian diuji dengan menggunakan regresi linier dan regresi linier berganda.Diperoleh temuan bahwa structural, relational maupun cognitive social capital secara terpisah mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja pegawai BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan. Ketika ketiga dimensi ini disatukan (unidimensi) tampak adanya pengaruh terhadap kinerja pegawai. Tetapi manakala ketiga dimensi tersebut diperlakukan secara multidimensi, tidak diperoleh keterpengaruhan yang signifikan.Kata kunci: pengembangan sumber daya manusia, dimensi social capital, kinerja pegawai, BPJS Kesehatan

Downloads

Published

2015-01-21

Issue

Section

Articles