PENGARUH MANFAAT UTILITARIAN DAN HEDONIS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK (BRAND SWITCHING) DARI PONSEL GLOBAL KE SMARTPHONE BLACKBERRY (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang)

Authors

  • Halida Kusumahati Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
  • Dahlan Fanani
  • . Sunarti

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena munculnya berbagai merek-merek baru untuk produk ponsel. Ponsel global kini mulai tersaingi dengan ponsel smartphone Blackberry, hal ini ditandai dengan tingginya tinggkat perpindahan merek dari ponsel global ke ponsel smartphone Blackberry. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manfaat utilitarian dan manfaat hedonis terhadap keputusan perpindahan merek (brand switching). Dimana vaariabel Keputusan Perpindahan Merek (Y), Manfaat Utilitarian(X1) dan Manfaat Hedonis (X2). Pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan uji F dan uji t diketahui bahwa variabel Manfaat Utilitarian dan Manfaat Hedonis secara bersama-sama dan secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan perpindahan merek pada ponsel global ke ponsel smartphone Blackberry. Variabel Manfaat Hedonis merupakan faktor paling dominan dalam mempengaruhi keputusan perpindahan merek (brand switching). Kata kunci : Keputusan Perpindahan Merek, Manfaat Utilitarian, dan Manfaat Hedonis

Downloads

Published

2013-06-18

Issue

Section

Articles