PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP SEMANGAT KERJA DAN KINERJA (Studi Pada Karyawan Pt Sumber Cipta Multiniaga Pasuruan)

Authors

  • Arief Rahman Wijaya

Abstract

In a communication link between the performance, as described above that communication can improve performance. This is due, with good communication, then there are several things that pushed, namely: coordination in carrying out tasks for the better, function better management, increased employee morale will increase the energy in completing the task correctly, quickly / effectively and mild liver. Morale also influences the performance. This is due to increased employee morale can make a positive contribution to the performance of the employee's own, making the process of increasing the performance of the employee be good in the job.The results showed the influence of communication on employee performance. In formal communication, employee performance is influenced by several factors including; Formal communication is good and the system will be able to maintain a conducive working atmosphere for improving the performance of all involved in it, either formal communication will be able to solve any problems and obstacles in the work process of the company. Solving the right problems and obstacles and can quickly improve the performance of employees, formal communication can create a psychological effect on the employee to compete in the work that will indirectly provide the best performance for the company. The influence of informal communication on morale influenced by several factors, namely; informal2 Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol. 1 No. 1 Januari 2015|administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.idcommunication that will build a good family atmosphere within the company that may lead to the spirit of the work, informal communication will increase employee loyalty to the company.Key words : Communication, Employee, PerformancABSTRAKDalam kaitan antara komunikasi dengan kinerja , seperti yang dijelaskan diatas bahwa komunikasi dapat meningkatkan kinerja. Hal ini disebabkan, dengan komunikasi yang baik, maka ada beberapa hal yang menjadi pendorong, yaitu: koordinasi dalam melaksanakan  tugas menjadi lebih baik, fungsi manajemen menjadi lebih baik, semangat karyawan yang meningkat akan meningkatkan energi dalam menyelesaikan tugas dengan tepat, cepat/efektif dan ringan hati. Semangat kerja juga sangat mempengaruhi kinerja. Hal ini dikarenakan semangat karyawan yang meningkat dapat memberikan kontribusi positif untuk kinerja karyawan itu sendiri, menjadikan proses kinerja pada karyawan menjadi meningkat baik di dalam pekerjaanya. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh komunikasi terhadap kinerja karyawan. Dalam komunikasi formal, terhadap kinerja karyawan dipengaruhi beberapa faktor diantaranya; komunikasi formal yang baik akan dapat memelihara sistem dan suasana kerja yang kondusif bagi peningkatan kinerja semua yang terlibat didalamnya, komunikasi formal yang baik akan dapat memecahkan setiap masalah dan hambatan pada proses kerja perusahaan. Pemecahan masalah dan hambatan yang tepat dan cepat dapat meningkatkan kinerja karyawannya, komunikasi formal dapat menciptakan efek psikologis  terhadap karyawan untuk berlomba-lomba dalam bekerja sehingga secara tidak langsung akan memberikan kinerja terbaik bagi perusahaan. Pengaruh komunikasi informal terhadap semangat kerja dipengaruhi beberapa faktor, yaitu; komunikasi informal yang baik akan membangun suasana kekeluargaan yang baik dalam perusahaan yang dapat menimbulkan semangat dalam bekerja, komunikasi informal akan meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaanKata Kunci : Komunikasi, Semangat kerja, Kinerja

Downloads

Published

2015-01-07

Issue

Section

Articles