PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Periode 2012-2013 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Authors

  • Wiwik Rahayu

Abstract

Good business can be manifested if business players to exercised their activities with the qualified unethical business behavior  namely  by manifesting the corporate social responsibility  (CSR). Disclosure  CSR  is getting better,  stakeholders getting sated and  will give full support to the company  for all their activities aimed at raising corporate financial performance. Company in applying  CSRis expected to obtain the legitimacy of a social  and capture profits appropriate. Therefore,  researchers to test  the influence of the disclosure of  CSRcompany to profitability. This is the kind of research eksplanatory,  showing the kausal between variables research to test hypotheses. A variable in this research are  the disclosure of  CSR  and company profitability (ROA and ROE). A method of sampling  using purposive sampling  sample in order to obtain 21 companies.Analysis of data using simple linear regression analysis. Testing the hypothesis of the coefficients determined and statistical tests t. Based on the results of research,  there are significant influence variables the disclosure of CSRcompany to profitability namely ROA and ROE.

Keywords:  Disclosureof Corporate Social Responsibility  (CSR),  Return on  Assets Ratio  (ROA)  andReturn on Equity Ratio(ROE).

ABSTRAK

Bisnis yang baik dapat diwujudkan apabila pelaku usaha dalam menjalankan kegiatannya disertai adanya perilaku bisnis yang berkualitas etis, yaitu dengan mewujudkan tanggung jawab social perusahaan atau disebut Corporate Social Responsibility (CSR).Pengungkapan CSR dapat dijadikan strategi oleh perusahaan, semakin baik pengungkapan CSR makastakeholder akan semakin terpuaskan dan akan memberikan dukungan penuhatas segala aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan yang bertujuan untuk menaikkan kinerja keuangan perusahaan. Perusahaan dalam menerapkan CSR juga diharapkan akan memperoleh legitimasi sosial dan mendapatkan profit yang sesuai. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk menguji pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) terhadap profitabilitas perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatory yaitu menunjukkan hubungan kausal antar variabel lewat pengujian hipotesis.Variabel yang dipakai yaitu pengungkapan CSR dan profitabilitas (ROA dan ROE). Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 21 perusahaan.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana. Pengujian hipotesis menggunakan koefisien determinasi dan uji statistik t. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel pengungkapan CSR terhadap profitabilitas perusahaan yaitu ROA dan ROE.

Kata kunci : Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), Rasio Tingkat Pengembalian Aktiva (ROA), dan Rasio Tingkat Pengembalian Modal (ROE)

Downloads

Published

2014-12-22

Issue

Section

Articles