Pengaruh Word of Mouth dan Ecoliteracy Terhadap Green Purchasing (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Prodi Administrasi Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2010/2011 dan 2011/2012 Pengguna Produk Tupperware)

Authors

  • Putri Ina Ayu Sartika Fakultas Ilmu Administrasi

Abstract

The aims  of this research are for knowing the effect of word of mouth to ecoliteracy; word of mouth to green purchasing; and ecoliteracy to green purchasing.  The sample of  about 116 college students at  the Faculty of Administrative Science, Brawijaya University class of 2010/2011 and 2011/2012 which are using the product of Tupperware. This research is using non-probability sampling and questioner as instrument to collect data.  This research uses descriptive and path analysis  to answer the designed question. The result of the  examination  shows  that  word of mouth has a significant effect on  ecoliteracy;  word of mouth has a significant effect on green purchasing; and variable of ecoliteracy have a significant affect to the variable of green purchasing.  This research further suggest  PT. Tupperware  to  increase its  services and provides  the society knowledges  about ecoliteracy that  can create satisfaction to the  consumer. It also important for the company to give advices for their consumer to keep the environment green. In turn, it can be expected that the consumer will deliver positive opinions about the company and recommend the others to use th e product of Tupperware.Keywords : Word of Mouth, Purchase Intention, Purchase DecisionAbstrak Penelitian yang berjudul “Pengaruh Word of Mouth dan Ecoliteracy Terhadap Green Purchasing†ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Word of Mouth dan Ecoliteracy terhadap Green Purchasing. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 116 orang mahasiswa angkatan 2010/2011 dan angkatan 2011/2012 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan produk Tupperware. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis data, yang digunakan peneliti adalah analisis deskriptif dan path analysis (analisis jalur). Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel word of mouth berpengaruh signifikan terhadap variabel ecoliteracy; variabel word of mouth berpengaruh signifikan terhadap variabel green purchasing; variabel ecoliteracy berpengaruh signifikan terhadap variabel green purchasing, sehingga saran bagi pihak PT. Tupperware agar lebih meningkatkan pelayanan dan juga memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang ecoliteracy yang nantinya akan menciptakan kepuasan pembeli dan menambah tingkat pengetahuan tentang pentingnya menjaga lingkungan, sehingga pembeli menyampaikan pendapat yang positif dan diharapkan dapat member dorongan kepada orang lain untuk menggunakan produk Tupperware. Kata kunci : Word of Mouth, Ecoliteracy, Green Purchasing

Author Biography

Putri Ina Ayu Sartika, Fakultas Ilmu Administrasi

Universitas Brawijaya

Downloads

Published

2014-12-22

Issue

Section

Articles