PENGARUH CITY BRANDING DAN CITY IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN KE BANYUWANGI

Authors

  • Bidriatul Jannah

Abstract

The aims of this research to explain the influence of city branding on purchase city image, investigate the influence of city branding on purchase decision, and investigate the influence  city image on purchase decision.This research method uses explanatory research with quantitative approach. The resondent who used a total of 116 tourist who visit to Banyuwangi. Simple random sampling was used in this research as a technique of sampling and questionaires used as a method of data collection. Data analysis using descriptive analysis and path analysis. The finding of this research indicate that city branding has a significant influence on the city image, city branding has a significant influence on purchase decision and the city image influence but not significant on purchase decision. Thus, the Government of Banyuwangi should further enhance the promotion of tourism expecially on their city branding “The Sunrise of Javaâ€. So it will become famous among local people and others. In order to develop their city image, the government of Banyuwangi should improve their infrastructure to facilitate their tourist. Keyword: City Branding, City Image, Decision to Visit, Banyuwangi Abstrak Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh City Branding terhadap City Image, pengaruh City Branding terhadap Keputusan Berkunjung, dan pengaruh City Image terhadap Keputusan Berkunjung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Responden yang digunakan sejumlah 116 orang wisatawan yang mengunjungi Banyuwangi. Simple random sampling digunakan dalam penelitian ini sebagai teknik pengambilan sampel dan kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data. Analisis data menggunakan  analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa city branding memiliki pengaruh signifikan terhadap city image, city branding memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, dan city image memiliki pengaruh tetapi tidak signifikan terhadap variabel keputusan berkunjung. Dengan demikian Pemerintah Kabupaten Banyuwangi hendaknya lebih meningkatkan lagi promosi pariwisatanya tentang The Sunrise of Java agar lebih dikenal di masyarakat Banyuwangi maupun di luar Banyuwangi. Agar terbentuk city image yang diinginkan sebagai kota wisata serta memperbaiki infrastruktur yang ada di Banyuwangi supaya memudahkan wisatawan untuk berkunjung. Kata Kunci: City Branding, City Image, Keputusan Berkunjung, Banyuwangi

Downloads

Published

2014-12-04

Issue

Section

Articles