ANALISIS MANAJEMEN PIUTANG DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi pada PT Varia Usaha Beton, Waru-Sidoarjo Periode 2013)

Authors

  • Yustin Hanifah

Abstract

Purpose of this research is to know the performance management of accounts receivable has been established by the company, and to know the efficiency the management of accounts receivable in PT Varia Usaha Beton in 2013 increasing the volume of sales. This study used aqualitative approach and the method of analysis used is descriptive analysis. The results showed that the cause did not achieve the sales target of credit sales policy which is still not perfect, and namely the duration accounts receivable turnover (turnover of receivables that have not efficiently) is because the performance of the lesser maximum billing. A long receivable turnover can effect the company’s financial ratio analysis results, then there are good companies give discounts for customers who pay their obligations more quickly form a period that has been set. It generates turnover of receivable which corresponds to the expectations and can positively impact in improving sales volumes as well as the company’s financial ratios. Keyword: Management of Receivables, Volume of Sales, Turnover of Receivables, Rasio Analysis. ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pengelolaan piutang yang telah ditetapkan oleh perusahaan, serta untuk mengetahui efisiensi pengelolaan piutang pada PT Varia Usaha Beton periode 2013 dalam meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab tidak tercapainya target penjualan yaitu kebijakan penjualan kredit yang masih belum berjalan dengan baik, serta penyebab semakin lamanya perputaran piutang (perputaran piutang yang belum efisien) yaitu karena kinerja bagian penagihan yang kurang maksimal. Perputaran piutang yang lama dapat mempengaruhi hasil analisis rasio keuangan perusahaan, maka ada baiknya perusahaan memberi discount bagi pelanggan yang membayar kewajibannya lebih cepat dari jangka waktu yang telah ditetapkan. Hal tersebut menghasilkan perputaran piutang yang sesuai dengan harapan dan dapat berdampak positif dalam memperbaiki volume penjualan serta rasio keuangan perusahaan. Kata kunci: Manajemen Piutang, Volume Penjualan, Perputaran Piutang, Analisis Rasio.

Downloads

Published

2014-11-24

Issue

Section

Articles