PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Pengunjung yang Melakukan Pembelian pada Biker’s Resto dan Cafe di Kota Malang)

Authors

  • Dina Febiana

Abstract

Biker's Resto and Cafe is a place for research. Research conducted has the objective to explain the first, the effect of word of mouth variable to variable interest in buying, the second variable effect of word of mouth on the purchasing decision variables, and the third variable influence buying interest on the variable purchasing decision. Researh explanatory type of research is used. Population in this research were all visitors biker's restaurant and cafe which buy either food or drink. After performing the calculation using the formula for determining the number of samples Champbell and Machin known samples in this research were 114 respondents. 114 respondents will be given a questionnaire containing statements related to the variables studied. Researchs in conducting data analysis based on data that have been collected using path analysis and descriptive analysis. Results of hypothesis testing are the effect of Word Of Mouth variable to variable buying interest is significant, the effect of Word Of Mouth on the variable Purchase Decision variable is significant, and  the effect of variable Purchase Interest on the variable Purchase Decision is significant.

Keywords: Word of mouth, Purchase Intention, Purchase Decision

Abstrak

Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bgaimana pengaruih variabel Word Of Mouth terhadap variabel Minat Beli, bagaimana pengaruh variabel Word Of Mouth terrhadap variabel Keputusan Pembelian, ketiga bagaimana pengaruh variabel Minat Beli terhadap variabel Keputusan Pembelian. Biker's Resto dan Cafe Malang merupakan tempat dilakukannya penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Biker's Resto dan Cafe yang membeli produk baik makanan atau minuman, setelah melakukan perhitungan menggunakan rumus Champbell dan Machin untuk menentukan jumlah saempel diketahui saempel dalam penelitian ini adalah sebanyak 114 orang responden. Jenis penelitian Explanatory researh dengan pendekatan kuantitatif. 114 orang responden akan diberikan kuesioner yang berisi pernyataan-pernyataan yang terkait dengan variabel yang diteliti. Peneliti dalam melakukan analisis data berdasarkan data yang sudah terkumpul menggunakan analisis jalur dan analisis deskriptif. hasril pengujian hipotesis yaitu pengaruh variabel Word Of Mouth terhadap variabel Minat Beli adalah signifikant, pengaruh variabel word of mouth terhadap variabel Keputtsan Pembelin adalah signifikant, dan pengaruh variabel Minat Beli terhadap variabel Keputusan Pembelian adalah signifikan.

Kata kunci : Word of mouth, Minat Beli, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2014-11-14

Issue

Section

Articles