ANALISIS INTERNAL CONTROL DALAM RANGKA MENANGANI PENUNDAAN PEMBAYARAN KREDIT NASABAH PADA PERUSAHAAN (Studi Pada PT Bank BRI Cabang Sidoarjo)

Authors

  • Stefani Poetri Anggraeni

Abstract

Internal control is a mechanism for the company to secure the company's assets and resolve problems effectively and efficiently. The existence of internal control allows the company to suppose the risk and make a plan for the settlement risks faced. Credit bank is a way to provide customers with the facility to lend money then customers pay principal and interest as agreed by both parties. Delay payments made by customer credit is one of the problems of the credit. Any delays in payment of credit is one of the problems in the internal control. The research it can be concluded that some of the components of internal controls has been going well, that organizational structure and job descriptions are detailed, as well as the employees who perform the work according to their capacity. The company has made a way to overcome the problem of delay in payment of the loan occurred. Ways in which the company has been properly and effectively. One way is to make settlement as did the concept of 3R (rescheduling, reconditioning, restructuring), auctions and-off. Keywords: internal control, delay payments, credit ABSTRAK Pengendalian internal merupakan mekanisme perusahaan untuk mengamankan aset perusahaan dan menyelesaikan masalah secara efektif dan efisien. Adanya pengendalian internal membuat perusahaan dapat memperkirakan risiko dan membuat rencana untuk penyelesaian risiko yang akan dihadapi. Kredit merupakan cara bank untuk memberikan fasilitas kepada nasabah dengan meminjamkan uang kemudian nasabah membayar angsuran pokok beserta bunga yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Penundaan pembayaran kredit yang dilakukan nasabah merupakan salah satu masalah dari kredit. Adanya penundaan pembayaran kredit merupakan salah satu masalah dalam pengendalian internal. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa beberapa komponen internal control telah berjalan dengan baik, yaitu struktur organisasi dan deskripsi pekerjaan yang rinci, serta pegawai yang melakukan pekerjaan sesuai kapasitasnya. Perusahaan telah melakukan cara untuk mengatasi masalah penundaan pembayaran kredit yang terjadi. Cara yang dilakukan oleh perusahaan telah benar dan efektif. Salah satu caranya adalah melakukan penyelesaian kredit dengan menerapkan konsep 3R, lelang dan penghapusbukuan. Kata kunci : internal control, penundaan pembayaran, kredit

Downloads

Published

2014-10-22

Issue

Section

Articles