PENGARUH KEGUNAAN, KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS INTERAKSI LAYANAN WEB E-COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (Survei pada Konsumen www.getscoop.com)

Authors

  • Jihan Ulya Alhasanah

Abstract

Growth in number of internet users in the world has also increased the value of e-commerce. Online consumer transactions will increase the consideration of uncertainties and risks that occur. Supporting factor the activities of e-commerce is a website. Measurement of website quality that can help the company to perform the optimization and maintenance their web according to consumer needs. Therefore, the researchers wanted to test website quality to the online purchase decision on one of the Indonesia’s e-commerce site that is www.getscoop.com.This research is explanatory research that shows a causal relationship between the variables of research by testing hypotheses. The independent variables are the usability, information quality, service quality interaction. Dependent variable is online purchase decision. The study population was all consumer of www.getscoop.com with a sample size of 150 respondents. Sampling technique using accidental sampling and data collection is done by dividing questionnaire online. Data were analyzed using multiple linear regression analysis. The results of this study are three independent variables of website quality had statistically significant relationship with online purchase decision simultaneously. However, information quality did not has statistically significant relationship with online purchase decision partially. Service   interaction quality is the dominant variables that influences online purchase decision. Keywords: E-Commerce, Website Quality, Online Purchase Decision ABSTRAK Pertumbuhan jumlah pengguna internet di dunia maupun di Indonesia juga telah meningkatkan nilai pada e-commerce. Dengan adanya peningkatan nilai pada e-commerce mempengaruhi beberapa perkembangan konsep pemasaran. Pada konsumen online melakukan transaksi secara online akan meningkatkan pertimbangan ketidakpastian dan resiko yang terjadi. Faktor pendukung pada kegiatan e-commerce adalah website. Pengukuran kualitas website yang dilakukan konsumen dapat membantu perusahaan e-commerce untuk melakukan optimasi dan perawatan web sesuai kebutuhan konsumen. Oleh sebab itu, peneliti ingin menguji hubungan kualitas website terhadap keputusan pembelian online pada salah satu situs  e-commerce Indonesia yaitu www.getscoop.com. Jenis penelitian ini adalah explanatory yang menunjukkan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian dengan pengujian hipotesis. Variabel independennya adalah kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi layanan. Variabel dependennya adalah keputusan pembelian online. Populasi penelitian ialah konsumen www.getscoop.com dengan sampel 150 responden. Teknik pengumpulan sampel menggunakan aksidental dan pengumpulan data menggunakan kuesioner online. Analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan  terhadap variabel keputusan pembelian online secara simultan. Namun secara parsial  tidak terdapat pengaruh yang benar dan meyakinkan pada variabel kualitas informasi terhadap keputusan pembelian.Variabel kualitas interaksi layanan mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian online Kata kunci: E-Commerce, Kualitas Website, Keputusan Pembelian Online

Downloads

Published

2014-10-22

Issue

Section

Articles