ANALISIS CONTRIBUTION MARGIN UNTUK MENENTUKAN TINGKAT PENJUALAN PRODUK DALAM RANGKA MEMAKSIMALKAN LABA (Studi Pada Perusahaan Timbangan X Kota Malang)

Authors

  • Fridayanti Silvana

Abstract

This study aims to analyze: and explain the application of contribution margin analysis in determining the optimal level of sales to achieve the desired profit and to determine the total contribution margin and contribution margin of each product of the level of sales Scales Company X Malang. Type of research is descriptive research with quantitative approachcarried Scales Company X Malang, source data used is in the form of primary data and secondary data with interview data collection techniques and documentation. The results ofthe analysis showedthat the total contribution margin from the companyis Rp. 439.6 million while the contribution margin for each productie Special Products (SP) of the National Rp. 180.600.000 and products for Rp. 259.000.000 that of the two products is known that the highest contribution margin the product generates the largest profit contributor for the companyis that with the acquisition of National product contribution margin ratio of 76.44% Keywords: Contribution Margin, Sales, Profit ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan penerapan analisis contribution margin dalam menentukan tingkat penjualan yang optimal untuk mencapai laba yang diinginkan dan untuk mengetahui besarnya marjin kontribusi total dan marjin kontribusi masing-masing produk dari tingkat penjualan pada Perusahaan Timbangan X Kota Malang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di Perusahaan Timbangan X Kota Malang. Sumber data yang digunakan adalah berupa data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukan bahwa Marjin kontribusi total yang diperoleh perusahaan adalah sebesar Rp. 439.600.000 sedangkan marjin kontribusi untuk masing-masing produk yaitu produk Special(SP) sebesar Rp.180.600.000 dan produk National sebesar Rp.259.000.000 sehingga dari kedua produk tersebut diketahui bahwa produk menghasilkan contribution margin tertinggi sebagai penyumbang laba terbesar bagi perusahaan adalah produk National yaitu dengan perolehan contribution margin ratio sebesar 76,44% Kata kunci : Marjin Kontribusi, Penjualan, Laba

Downloads

Published

2014-10-22

Issue

Section

Articles