ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PEMBAYARAN PDAM MELALUI POSPAY GUNA MENDUKUNG PENGENDALIAN INTERN (Studi Pada Kantor Pos Pusat Kabupaten Nganjuk)

Authors

  • Ratna Sari Dewi

Abstract

Advances in technology of development requires the company to provide convenience to the public in making peyments automatically. The system used internal control that aims to control the company through the system. This research aims to describe the systems and procedures of payment through pospay taps and internal control that supports the payment Pospay. The method used classified in descriptif research study. The focus of research related internal controls, systems and procedures as well as the payment of taps. Internal controls include organizational structure, authority system and recording procedures, healthy practice, and employees. Systems and procedures for payment of taps include functions, procedures that make up the network system, and the documents used. The results of this study at a certain time on the functional responsibilities of the organizational structure is not in accordance with the tasks that should be, the system used and the risk to the clerk of the terms of the excess goes well, job rotation periodically occur between counters, as well as internal control PT. POS Indonesia Nganjuk is in conformity with elements. This study is the suggestion that the clerk performed periodically checks on performance, and the provision of a queue number to make payment.

Keywords: Network Procedures, Internal Control, Pospay.

ABSTRAK

Berkembangnya kemajuan teknologi menuntut perusahaan memberikan kemudahan pada masyarakat dalam melakukan pembayaran secara otomatis. Pada sistem yang digunakan memiliki pengendalian intern yang bertujuan untuk mengontrol perusahaan melalui sistem tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan sistem dan prosedur dari pembayaran PDAM melalui pospay serta pengendalian intern yang mendukung dalam pembayaran Pospay. Metode yang digunakan yaitu yang diklasifikasikan dalam penelitian descriptif research. Fokus penelitian terkait pengendalian intern, serta sistem dan prosedur pembayaran PDAM. Pengendalian intern meliputi struktur organisasi, sistem wewenang dan prosedur pencatatan, praktek yang sehat, dan karyawan. Sistem dan prosedur pembayaran PDAM meliputi fungsi, jaringan prosedur yang membentuk sistem, dan dokumen yang digunakan. Hasil penelitian ini adalah pada waktu tertentu tanggung jawab fungsional pada struktur organisasi tidak sesuai dengan tugas yang seharusnya, sistem yang digunakan beresiko pada petugas loket dan dari segi kelebihan berjalan dengan baik, secara periodik terjadi perputaran job antar loket, serta pengendalian intern PT. POS Indonesia Nganjuk sudah sesuai dengan unsur-unsurnya. Saran penelitian ini adalah petugas loket secara periodik dikakukan pengecekan terhadap kinerjanya, dan pemberian nomor antrian untuk melakukan pembayaran.

Kata kunci : Jaringan Prosedur, Pengendalian Intern, Pospay.

Downloads

Published

2014-10-17

Issue

Section

Articles