UPAYA PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN SEPEDA MOTOR YAMAHA MELALUI PERIKLANAN (Studi Pada Dealer Sepeda Motor Yamaha Armada Pagora Jaya Tulungagung)

Authors

  • Iwang Bayu Ardiansyah

Abstract

Based on the results, the efforts done by “Dealer Sepeda Motor Yamaha Armada Pagora Jaya Tulungagung†in increasing sales volume through advertisements. Both in print and electronic media experienced an average growth of 3.7 % . The average cost of advertising growth both in print and electronic media experienced an average increase of 10.1 % per quarter over the last four years . Sales volume experienced an average improvement of 7.6% per quarter, for the last four years and omzet sales have increased an average of as much as 7.6% per quarter, for the last four years . Least square calculations in advertising costs and frequency of advertising are known that advertising costs predicted for 2013 ( quarter, II - III ) and 2014 ( quarter, I- III ) are continued to increase. Sales turnover and sales volume turnover known that predictions for 2013 (Quarter II-III) and 2014 (Quarter I-III) continues to increase. Overall, the independent variables consisted of Advertising Cost variable, and the variable frequency of advertising significantly influence the sales volume variable of  Yamaha motorcycle. Partially, each independent variable consisting of variable of  cost of Advertising, and variable of  frequency of advertising significantly influence the sales volume variable of  Yamaha motorcycle dealer Armada Pagora Jaya Tulungagung. Keywords: Advertising Cost, frequency of advertising, sales volume ABSTRAK Berdasarkan hasil penelitian diperoleh upaya yang dilakukan dealer Armada Pagora Jaya Tulungagung dalam meningkatkan volume penjualan melalui periklanan. Aktivitas pemasangan iklan baik pada media cetak maupun elektronik mengalami rata rata pertumbuhan sebesar 3,7 %. Rata – rata pertumbuhan biaya pemasangan iklan baik pada media cetak maupun elektronik mengalami rata-rata peningkatan sebesar 10.1 % tiap kwartal selama empat tahun terakhir. Volume penjualan mengalami rata rata peningkatan sebesar 7.6 % tiap kwartal selama empat tahun terakhir dan omzet  penjualan mengalami rata rata peningkatan sebesar 7.6 % tiap kwartal selama empat tahun terakhir. Perhitungan Least square biaya periklanan dan frekuensi periklanan diketahui bahwa prediksi biaya periklanan untuk 2013 (Kwartal II-III) dan tahun 2014 (Kwartal I-III). terus mengalami peningkatan. Omzet penjualan dan volume pejualan diketahui bahwa prediksi omzet penjulan untuk 2013 (Kwartal II-III) dan tahun 2014 (Kwartal I-III) terus mengalami peningkatan. Secara keseluruhan, variabel bebas yang terdiri dari variabel Biaya Perikanan (X1), dan variabel frekuensi periklanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel volume penjualan sepeda motor Yamaha pada dealer Armada Pagora Jaya Tulungagung (Y) Secara parsial, variabel bebas yang terdiri dari variabel Biaya Perikanan (X1), dan variabel frekuensi periklanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel volume penjualan sepeda motor Yamaha pada dealer Armada Pagora Jaya Tulungagung (Y). Kata kunci : Biaya Perikanan, frekuensi periklanan, volume penjualan

Downloads

Published

2014-10-15

Issue

Section

Articles