PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang yang Memutuskan Membeli Handphone Merek Nokia)

Authors

  • Tonny Afandy

Abstract

The results of factor analysis show Psychological Factors has five factors Attitude, Motivation, Learning, Perception and Personality. The five factors are then inserted into the multiple linear regression analysis as independent variables affecting the dependent variable Buying Decision. The results of multiple linear regression analysis showed Variable Attitude, Motivation, Learning, Perception and Personality is jointly significant effect on Purchasing Decisions with F test value of 27.049 with a significance level of 0.000. The major contribution of independent variables together on Purchase Decisions of 0.561 or 56.1% while the remaining amount of 43.9% influenced by other variables that are not addressed in this study. T test results showed that partial Attitude variable, Motivation, Learning, Perception and Personality has positive and significant impact on Purchase Decisions.

Keywords: Attitude, Motivation, Learning, Perception, Personality and Buying Decision

Abstrak

Hasil analisis faktor menunjukkan Faktor Psikologis memiliki lima faktor yaitu Sikap, Motivasi, Pembelajaran, Persepsi dan Kepribadian. Kelima faktor tersebut kemudian dimasukkan ke dalam analisis regresi linier berganda sebagai variabel bebas yang mempengaruhi variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan Variabel Sikap, Motivasi, Pembelajaran, Persepsi dan Kepribadian secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung sebesar 27,049 dengan tingkat signifikansi 0,000. Besar kontribusi variabel bebas tersebut secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian sebesar 0,561 atau 56,1% sedangkan sisanya sebesar 43,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial Variabel Sikap, Motivasi, Pembelajaran, Persepsi dan Kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

Kata Kunci: Sikap, Motivasi, Pembelajaran, Persepsi, Kepribadian dan Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2014-10-13

Issue

Section

Articles