MODEL KEBERHASILAN BELAJAR MAHASISWA MENGGUNAKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (Studi pada Mahasiswa S1 Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Angkatan 2012)

Authors

  • Zahirul Alfan

Abstract

The development of Information Technology (IT) is rapidly increasing, making the learning needs of IT use can not be avoided. Learning Management System (LMS) is part of E-Learning and is expected to help improve student learning success. The purpose of this study to analyze and explain the influence of Model Success Student Learning Using a Learning Management System that is measured using the variables or Information Systems Success Model DeLone and McLean (2003) consists of Quality Systems, Information Quality, Service Quality, The Use of LMS, Satisfaction Students, and Students Performance. Methods of  study used a descriptive and explanatory research methods with quantitative approaches. This study used a questionnaire instrument. The samples used were 90 respondents. Conclusions from the analysis and processing of data this study found that the variables of quality systems and service quality variables significantly influence the use of LMS and student satisfaction, variable of use of the LMS and student satisfaction variable also have a significant effect on the student performance, and  the variable  use of the LMS significant effect on student satisfaction. While no significant results were found between the information quality variable on the use of the LMS and student satisfaction variable. Keywords: System Quality, Quality of Information, Quality of Services, Use of The LMS, Student Satisfaction, Student Performance ABSTRAK Perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin pesat, membuat kebutuhan belajar mengajar menggunakan TI tidak dapat dihindari. Learning Management System (LMS) merupakan bagian dari E-Learning dan diharapkan dapat membantu meningkatkan keberhasilan belajar mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh dari Model Keberhasilan Belajar Mahasiswa Menggunakan Learning Management System yang diukur mengunakan variabel-variabel dari Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone & McLean (2003) terdiri dari Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan, Penggunaan LMS, Kepuasan Mahasiswa, dan Kinerja Mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 90 orang responden. Kesimpulan dari hasil analisa dan pengolahan data penelitian ini ditemukan bahwa variabel kualitas sistem, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap variabel penggunaan LMS dan kepuasan mahasiswa, variabel penggunaan LMS dan kepuasan Mahasiswa juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja mahasiswa, dan variabel penggunaan LMS berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Sedangkan hasil tidak signifikan ditemukan antara variabel kualitas informasi terhadap penggunaan LMS dan kepuasan mahasiswa. Kata Kunci : Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan, Penggunaan LMS, Kepuasan Mahasiswa, Kinerja Mahasiswa

Downloads

Published

2014-10-01

Issue

Section

Articles