PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PENGETAHUAN KONSUMENSERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Followers Account Twitter @WRPdiet)

Authors

  • Mustika Ekawati

Abstract

The aims of this research is to investigate and explain the effect of electronic word of mouth on consumer knowledge; the influence of electronic word of mouth on purchase decisions; the influence of consumer knowledge on purchase decisions. The research method was conducted by explanatory research with quantitative approach. The participants of this research are the followers of the @WRPdiet Twitter account who are ever consume WRP product. The total sample is 116 respondents. The sampling technique was employed simple random sampling and questionare was used for collecting data. Analysis of the data in this research was using descriptive analysis and path analysis.Results showed that electronic word of mouth has direct influence on consumer knowledge, electronic word of mouth has direct influence on purchase decisions, onsumer knowledge has direct influence on purchase decisions. Keywords : Electronic Word of Mouth, Consumer Knowledge, Purchase Decisions ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh electronic word of mouth terhadap pengetahuan konsumen, mengetahui dan menjelaskan pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian, mengetahui dan menjelaskan pengaruh pengetahuan konsumen terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah followers pada account Twitter @WRPdiet yang pernah menggunakan produk WRP. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 116 orang responden. Teknik sampling menggunakan simple random sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis).Hasil penelitian menunjukkan bahwaelectronic word of mouthberpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel pengetahuan konsumen, electronic word of mouthberpengaruh langsung dan signifikan terhadap keputusan pembelian, pengetahuan konsumen berpengaruh langsung dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci : Electronic Word of Mouth, Pengetahuan Konsumen, Keputusan Pembelian.

Downloads

Published

2014-09-25

Issue

Section

Articles