PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE DAN FIRM VALUE (Studi pada Peruusahaan-Perusahaan yang Terdaftar Pada Indeks SRI KEHATI Periode 2010-2012)

Authors

  • Dwi Ayu Citraningrum

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) is an agenda that currently important for many go public companies, because, involving in CSR activities may can increase profits of the company. This research discussed the influence of CSR to the firm’s financial performance and values. Financial performance variables used in this research are Return On Asset (ROE), Return On Equity (ROE), and Earning Per Share (EPS). Firm value variable used in this research is Closing Price (CP). The author applied ROA, ROE, and EPS to measure the financial performance, Closing Price as a firm value measurement, and uses Corporate Social Responsibility Disclosure Indeks (CSDI) as the involvement. The researcher found no statistical problem in the normality, heterokedasticity, multikolinearity, and autocorelation. The result of t test show that partially, CSR has a positive significant influence on financial performance and firm value, whille the influence was higher for ROA with R2 62,4%. Keywords: Corporate Social Responsibility, Financial Performance, Firm Value ABSTRAK Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan kegiatan yang cukup penting bagi perusahaan-perusahaan go public. Karena, CSR dapat meningkatkan laba perusahaan secara tidak langsung melalui performance perusahaan yang dapat diketahui masyarakat. Kegiatan CSR dapat mempengaruhi berbagai macam kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan laporan keuangan perusahaan. Penelitian ini membahas pengaruh CSR terhadap kinerja keuangan (financial performance) perusahaan dan nilai perusahaan (firm value). Variabel kinerja keuangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), dan Earning Per Sahre (EPS). Sedangkan variabel nilai perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Closing Price (CP). Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pengaruh CSR terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan. Dalam penelitian ini tidak terjadi masalah dalam pengujian data melalui uji asumsi klasik. Penelitian ini hanya menggunakan uji parsial atau uji T. Hasil Uji T menunjukkan bahwa secara parsial CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan. Pengaruh yang paling besar dalam penelitian ini ditunjukkan oleh variabel ROA yaitu sebesar 62,4%. Kata kunci : Corporate Social Responsibility (CSR), Kinerja Keuangan , Nilai Perusahaan

Downloads

Published

2014-09-23

Issue

Section

Articles