ANALYZING THE EFFECT OF PRODUCT QUALITY ON CUSTOMER SATISFACTION AND CUSTOMER LOYALTY IN INDONESIAN SMEs (Case Study on the Customer of Batik Bojonegoro Marely Jaya)

Authors

  • Nanda Primidya Kusuma

Abstract

Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Indoonesian Ukm (Studi Kasus pada pelanggan Batik Bojonegoro Marely Jaya). Marely Jaya adalah salah satu Kecil Menengah yang memproduksi dan menjual Batik Bojoengoro. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Marely Jaya. Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana berpengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penjelasan dengan metode kuantitatif. Metode ini berguna untuk memahami bagaimana berpengaruh item dalam kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Kuesioner digunakan untuk data yang dikumpulkan langsung dari pelanggan. Metode analisis yang digunakan Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Hasil penelitian, menunjukkan bahwa kualitas produk mempengaruhi perasaan kepuasan pelanggan, dan perilaku loyalitas pelanggan, dan juga menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan mempengaruhi perilaku loyalitas pelanggan Kata Kunci: Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Kesetiaan Pelanggan, SMEs Abstract Analyzing The Effect Of Product Quality On Customer Satisfaction And Customer Loyalty In Indoonesian SMEs (Case Study on the Customer of Batik Bojonegoro Marely Jaya). Marely Jaya is one of the Small Medium Enterprises which produces and sale Batik Bojoengoro. This research aims to analyze the effect of product quality on the satisfaction and loyalty of the Marely Jaya‘s customers. This study explain about how influential the quality of product to the customer satisfaction and customer loyalty. The research method used in this research is an explanatory with quantitative method. This method is usefull to understand how influential the items within the product quality on the customer satisfaction and customer loyalty. Questionnaires is used to gathered data directly from the customers. Analysis method is used Generalized Structured Component Analysis (GSCA). The result of the study is shows that product quality is affecting the customer satisfaction fellings, and customer loyalty behaviour, and also shows that the customer satisfaction is affecting the customer loyalty behaviour. Keywords: Product Quality, Customer Satisfaction, Customer Loyalty, SMEs.  

Downloads

Published

2014-09-22

Issue

Section

Articles