PENGARUH PEMASARAN HIJAU TERHADAP CITRA MEREK SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Konsultan Independen di Oriflame Cabang Surabaya)

Authors

  • Fadilatul Silvia

Abstract

This research aims to identify and analyze the effect of green marketing on brand image and its impact on purchase decision of Independent Consultant Oriflame Surabaya Branch Office. This type of research is explanatory research. The samples in this research were 100 consumers who have been joined into Independent Consultant Oriflame Indonesia in Surabaya under the Great One Club community. Method of data collection is questionnaires. The sampling technique used is purposive sampling technique. The data analysis is path analysis. The research result indicates that Green Marketing directly has a significant effect on Brand Image. Brand Image directly has a significant influence on the purchase decision. Green Marketing directly has a significant influence on the purchase decision. Green Marketing indirectly has a significant influence on the purchase decision through Brand Image. Oriflame are expected to maintain and enhance their Green Marketing that already applied, and for the next research, it could use another analytical tools and variable that it may lead more vary results. Keyword: green marketing, brand image, purchase decision Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pemasaran hijau terhadap citra merek serta dampaknya pada keputusan pembelian pada Konsultan Independen di Oriflame Cabang Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden yang merupakan konsumen Oriflame yang telah tergabung menjadi Konsultan Independen Oriflame Indonesia Cabang Surabaya di bawah jaringan Great One Club. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemasaran Hijau secara langsung mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Citra Merek. Citra Merek secara langsung mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Pemasaran Hijau secara langsung mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Pemasaran Hijau secara tidak langsung mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Citra Merek. Oriflame diharapkan mampu mempertahankan dan meningkatkan Pemasaran Hijau yang diterapkan saat ini, dan bagi penelitian selanjutnya dapat menggunakan alat analisis dan variabel lain agar memperoleh hasil yang lebih bervariatif. Kata kunci: pemasaran hijau, citra merek, keputusan pembelian

Downloads

Published

2014-09-22

Issue

Section

Articles