PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Konsumen Distro Planet Surf Mall Olympic Garden kota Malang)

Authors

  • Achmad Indra Widyanto

Abstract

This study aims to determine the effect of store atmosphere consisting of some variables, such as; exterior, general interior, store layout, and interior display on purchasing decisions, whether jointly and partially. This type of research is explanatory researched with quantitative approach. The samples in this study are taken from 116 people consumers who have made purchases at Planet Surf MOG Malang. The data analysis uses descriptive analysis and regression analysis method. The results show a significant difference between Store Atmosphere consisting of exterior, general interior, store layout, and interior display together on purchasing decisions with calculated F value of 23.215 and a significant value of 0.000. Exterior variables influence the purchase decisions significantly. General Inetrior variables also have some influences through the purchase decisions significantly, and so does the Store Layout variables and Interior Display variables most dominant variable in this study is a general interior variables with t value for the largest 2,900 Keywords: Store Atmosphere, Purchase decisions. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel exterior, general interior, store layout, dan interior display yang merupakan store atmosphere terhadap keputusan pembelian secara bersama-sama maupun secara parsial. Penelitian yang dilakukan ini berjenis explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil dalam pnenelitian ini sebanyak 116 orang konsumen yang melakukan pembelian di Planet Surf MOG Malang. Analisis data menggunkan analisis statistik deskriptif dan linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara exterior, general interior, store layout, dan interior display secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian dengan nilai F hitung=23,215 dan nilai signifikan=0,000. Variabel Exterior berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan Pembelian. Variabel General Inetrior berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan Pembelian. Variabel Store Layout berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan Pembelian. Variabel Interior Display berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan Pembelian. Variabel yang dominan adalah variabel General Interior. Kata kunci : Store Atmosphere,.Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2014-09-22

Issue

Section

Articles