PENGARUH PESAN IKLAN DI TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2010/2011 yang Mengkonsumsi Es Krim Magnum)

Authors

  • Fitria Kusumaningtyas

Abstract

This study aims to determine and explain the Influence of Advertisement Messages to the Purchase Decision. Independent variables used in this study is Message Content, Message Structure, Message Format, and Message Source, while the dependent variable in this study is Purchase Decision. Advertisement used in this study is an advertisement that has been implemented in several countries, that is Magnum ice cream advertisement, Magnum infinity version. This is an explanatory research and the method of research is survey method. The population of this research is students department of Business Administration Faculty of Administrative Science University of Brawijaya year 2010/2011 who see Magnum Advertisement, Magnum Infinity version in television and consume of Magnum Ice Cream. Sample of this research is 72 respondents. This study use accidental sampling as technique sampling and Multiple Linear Regression Analysis as data analysis technique. The result of this research show that variable Advertisement Messages  together and significant influence on the Purchase Decision. Variabel Message Structure, Message Format, and Message Source are partially have significant influence on the Purchase Decision, variables Message Content have no significant influence on the Purchase Decision. Variabel Message Structure is a variable that has a dominant influence on the Purchase Decision. Keywords: Message Content, Message Structure, Message Format, Message Source, Purchase Decision ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Pesan Iklan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, dan Sumber Pesan, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu Keputusan Pembelian. Iklan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan iklan yang telah diterapkan di beberapa negara, yaitu iklan es krim Magnum versi Magnum Infinity. Jenis penelitian adalah penelitian penjelasan dan metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2010/2011 yang pernah melihat iklan Magnum versi Magnum Infinity di televisi dan pernah mengkonsumsi es krim Magnum. Sampel pada penelitian ini sebanyak 72 orang responden. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik sampling aksidental (accidental sampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Pesan Iklan memiliki pengaruh secara bersama-sama dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Struktur Pesan, Format Pesan, dan Sumber Pesan secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan variabel Isi Pesan memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Struktur Pesan merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian. Kata kunci: Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, Sumber Pesan, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2014-09-01

Issue

Section

Articles