STRATEGI IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE TEROTOMATISASI UNTUK USAHA KECIL DAN MENENGAH'S (UKM) (Studi Kasus di Tiara Handicraft Surabaya)

Authors

  • Zakky Zamrudi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan solusi alternatif untuk perusahaan-perusahaan Kecil dan Menengah (UKM) untuk menerapkan sistem informasi e-commerce atau disebut juga sebagai sistem informasi penjualan online. Alternatif yang diberikan oleh penelitian ini adalah dengan mencari implementasi e-commerce alternatif yang lebih murah dan lebih mudah yang mudah dikontrol oleh UKM itu sendiri. Implementasi sistem ini mengadopsi kerangka Stewart dalam implementasi sistem. Metodologi penelitian yang digunakan di sini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus pada Tiara Handicraft Surabaya-. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan sistem baru akan memberikan dampak langsung baik terhadap sistem kontrol dan pengendalian biaya jika implementasi sistem dilakukan.Kata Kunci: Prestashop, Implementation framework, front-office, back-office, installation ABSTRACT This research purposes are to give an alternative solution for the Small and Medium enterprises (SME’s) to implement an ecommerce information system or also called as online sales information system. The alternative given by this research is by searching for a cheaper and easier alternative ecommerce implementation that easily controlled by the SME’s itself. The system implementation was adopting the Stewart framework in system implementation. The research methodologies employed here was using a qualitative research by using case study approach at Tiara-Handicraft Surabaya. The result shows that the new system implementation will give a good direct impact against system control and cost control if the system implementation is carried out. Keywords: Prestashop, Implementation framework, front-office, back-office, installation

Downloads

Published

2014-08-25

Issue

Section

Articles