PENGARUH INTERNET MARKETING TERHADAP PEMBENTUKAN WORD OF MOUTH DAN EFEKTIVITAS IKLAN DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (Studi pada Follower Akun Twitter Pocari Sweat di Jejaring Sosial Twitter)

Authors

  • Phamendyta Aldaning Azaria

Abstract

Several factors can be used asa determinerof the success increating brand awareness. In this research, the factors that can affect Brand AwarenessareWord of Mouth and Advertising Effectiveness which are formed of Internet Marketing. This research includes an explanatory research. This research is a survey research which uses an online questionnaire to followers of Pocari Sweat’s account on Twitter (@PocariID) with a sample of 110 respondents.Using path analysis as analytical method, the results of this research indicatethat The Internet Marketing influential positive and significantly toward The Word of Mouth; The Internet Marketing influential positive and significantly toward the Effectiveness of Advertising; The Internet Marketing negative effect and insignificant if tested directly against Brand Awareness; and also theWord of Mouth that has negative effects and not significantly toward Brand Awareness. Furthermore, the Effectiveness of Advertising influential positive and significantly toward Brand Awareness. Keywords:Internet Marketing, Word of Mouth, Effectiveness of Advertisement, Brand Awareness ABSTRAK Beberapa faktor dapat menjadi penentu keberhasilan dalam menciptakan brand awareness. Pada penelitian ini faktor yang dapat dikatakan mempengaruhi brand awareness adalah word of mouth dan efektivitas iklan yang terbentuk dari adanya internet marketing. Penelitian ini termasuk explanatory research. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang menggunakan kuesioner online kepada follower akun Twitter Pocari Sweat (@PocariID) dengan jumlah sampel 110 orang responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis), denganhasil yang menunjukkan bahwa Internet Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Word of Mouth; Internet Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Efektivitas Iklan; Internet Marketing berpengaruh negatif dan tidak signifikan jika diuji secara langsung terhadap Brand Awareness, begitu juga dengan Word of Mouth yang memiliki pengaruh negatif serta tidak signifikan terhadap Brand Awareness. Selanjutnya, Efektivitas Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Awareness. Kata Kunci: Internet Marketing, Word of Mouth, Efektivitas Iklan, Brand Awareness

Downloads

Published

2014-08-25

Issue

Section

Articles