EVALUASI SISTEM PEMUNGUTAN PAJAK RESTORAN DAN RETRIBUSI PARKIR SEBAGAI UPAYA MENDUKUNG PENGENDALIAN INTERN (Studi pada Dinas Pendapatan Kota Batu dan Dinas Perhubungan Kota Batu)

Authors

  • Anandita Arintyas Putri

Abstract

Since imposed regional autonomy, any region should be able to manage their own region including financial aspect. Finance or revenue of a region, based on the local revenue, including taxes and retributions. Batu as a tourism city has the potential of high taxes and retributions, one of them is restaurant tax and parking retribution. Many mistakes over restaurant tax and parking retribution collection system, its needed collection system and internal control as well as good. This research aimed to analyze restaurant tax and parking retribution collection system and analyze internal control of the system. Research conducted at the Division of Revenue and the Division of Transportation Batu with descriptive method and case study approach. This research used first data and secondary data. Analytical technic used are descriptive. The findings show that system by the Division of Revenue has supported internal control, while system by the Division of Transportation hasn’t supported internal control. This research recommends to research the new potention and repairing the system. Keywords :restaurant tax, parking retribution, internal control ABSTRAK Sejak diberlakukan otonomi daerah, setiap daerah harus mampu mengelola daerahnya sendiri termasuk segi keuangannya.Keuangan atau pendapatan suatu daerah berdasarkan pada pendapatan asli daerah, dimana termasuk pajak dan retribusi daerah. Kota Batu sebagai kota wisata memiliki potensi pajak dan retribusi yang tinggi, salah satunya pajak restoran dan retribusi parkir. Banyaknya penyimpangan atas pemungutan pajak restoran dan retribusi parkir membutuhkan sistem pemungutan serta pengendalian intern yang baik.Tujuan penelitian adalah menganalisis sistem pemungutan pajak restoran dan retribusi parkir serta menganalisis pengendalian intern terhadap sistem yang dijalankan.Penelitian dilaksanakan pada Dinas Pendapatan dan Dinas Perhubungan Kota Batu dengan jenis penelitian deskriptif pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan sistem pada Dinas Pendapatan telah mendukung pengendalian intern sedangkan sistem pada Dinas Perhubungan belum mendukung pengendalian intern. Penelitian ini merekomendasikan survey potensi baru dan perbaikan sistem yang dilaksanakan. Kata Kunci : pajak restoran, retribusi parkir, pengendalian intern  

Downloads

Published

2014-07-23

Issue

Section

Articles