PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2011/2012 Universitas Brawijaya yang Beralih Merek ke Smartphone Samsung)

Authors

  • Yoni Servika Wijaya

Abstract

This research aims to determine the influence of product attributes on brand switching decision to Samsung smartphone on Bachelor Students Faculty of Aministrative Science Class of 2011/2012 Brawijaya University. This research is an explanatory research. There are 116 respondents as sample of this research by using purposive sampling method. The data collection method conducted by questionnaire. Data analysis used in this study are descriptive analysis and multiple linear regression analysis with F test and t test to examine overall and partial influence between variables. The results of this study showed that product attributes are simultaneously and partially on brand switching decision. Price has the dominant influence on student’s switching decision from other smartphone to Samsung smartphone. Keywords: product attributes, brand switching decisionAbstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap keputusan perpindahan merek ke smartphone Samsung pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2011/2012 Universitas Brawijaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan. Sampel sebanyak 116 orang responden yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan uji F dan uji t untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama dan pengaruh secara parsial antar variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut produk berpengaruh signifikan baik secara bersama-sama maupun parsial terhadap keputusan perpindahan merek. Harga merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan mahasiswa untuk berpindah merek dari smartphone merek lain ke smartphone Samsung. Kata kunci: atribut produk, keputusan perpindahan merek

Downloads

Published

2014-07-21

Issue

Section

Articles