EVALUASI PENERAPAN PROGRAM JAMINAN PEMELIHARAAN KESEHATAN KARYAWAN (Studi Pada PT IPMOMI (Internasional Power Mitsui Operation And Maintenance Indonesia)

Authors

  • Dyah Tanjung Sari

Abstract

Form of protection, maintenance and improvement of the welfare program is organized in the form of insurance that is paid by the company as part of the company's concern for safety and comfort of workers. Basically this program emphasizes the protection for workers who have relatively lower position. Therefore, employers have the primary responsibility and moral entrepreneurs have an obligation to improve the protection and welfare of its workforce.The purpose of  this study was to describe the implementation of employee health care insurance program to the PT. IPMOMI and also to illustrate the application of employee health care insurance program in PT.IPMOMI. Types of research used in this study was descriptive-type qualitative research. The focus of this research is the implementation of health care insurance program to the PT. IPMOMI. Health and safety aspects, is one aspect that needs to get attention as a result of development of science and technology and its application, especially among the industry. Therefore, the enterprises should pay more attention to state employees in performing their duties primarily related to safety and health of employees, thus increasing employee productivity.

Keyword : Program Evaluation, Health Care Insurance, Employee Protection, Safety Occupation

ABSTRAK

Bentuk perlindungan, pemeliharaan dan peningkatan kesejahteraan diselenggarakan dalam bentuk program asuransi yang dibayarkan oleh perusahaan sebagai bagian dari kepedulian perusahaan terhadap keselamatan dan kenyamanan tenaga kerja. Pada dasarnya program ini menekankan pada  perlindungan bagi tenaga kerja yang relatif mempunyai kedudukan yang lebih rendah. Pengusaha memikul tanggung jawab utama dan secara moral pengusaha mempunyai kewajiban untuk meningkatkan perlindungan dan kesejahteraan tenaga kerjanya.Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan penerapan program jaminan pemeliharaan kesehatan karyawan pada PT. IPMOMI dan untuk menggambarkan gambaran pelaksanaan pemeliharaan kesehatan karyawan pada PT.IPMOMI.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif-kualitatif.Fokus dari penelitian ini adalah pelaksanaan program jaminan pemeliharaan kesehatan pada PT. IPMOMI.Aspek keselamatan dan kesehatan kerja, merupakan salah satu aspek yang perlu mendapatkan perhatian sebagai akibat berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta penerapannya, terutama di kalangan industri.Masalah kesehatan karyawan berpengaruh terhadap sehat tidaknya karyawan di dalam melaksanakan tugasnya karena jika kesehatan karyawan dalam kondisi prima (tidak sedang sakit) maka dapat menekan frekuensi terjadinya kecelakaan kerja.Oleh karena itu pihak perusahaan harus lebih memperhatikan keadaan karyawan di dalam melaksanakan tugasnya terutama yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan karyawan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

Kata Kunci : Evaluasi program, Jaminan Pemeliharan Kesehatan, Perlindungan karyawan, Keselamatan kerja

Downloads

Published

2014-07-21

Issue

Section

Articles