EVALUASI ATAS SISTEM KLIRING DALAM RANGKA MENCAPAI TUJUAN PENGENDALIAN INTERN (Studi pada PT. Bank X (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Mojokerto)

Authors

  • Citra Dewi Novitasari

Abstract

This research has purpose to know Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia’s implementation and internal control that PT. Bank X (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Mojokerto uses to reach company’s goals. Model research type’s descriptive with qualitative approach. The researcher gets primary data from interview with clearing’s staff, secondary data from documents that they use. The research concludes that clearing’s implementation has good enough,it’s because almost all of the clearing implementation’s appropriate to Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia; carrying out of debit and credit clearing system, participation in 2 cycles of clearing (delivering,return), using warkat and clearing document,checking them before processing,etc. Some things which isn’t approprite to Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia and cause clearing rejection are accepting, processing bilyet giro before effective-date, saldo rekening doesn’t enough, uncompleted fulfilling formal requirement, rekening number the money transfer to had been closed, signature isn’t same with specimen, etc. The mistakes happened because of human errors.According to the errors that happened, the researcher only suggest to clearing’s officer and customer of clearing to increase the carefulness of checking and admission filling in order to minimization errors happen. Internal control of PT.Bank X (Persero) Tbk.Kantor Cabang Utama Mojokerto could reach the goals of internal control. Keyword: Clearing, System, SKNBI, Internal Control Abstrak Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia di PT.Bank X (Persero) Tbk.Kantor Cabang Utama Mojokerto serta pengendalian intern yang diterapkan untuk mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data primer yang digunakan diperoleh dari wawancara langsung dengan petugas kliring, sedangkan data sekunder dari dokumen yang digunakan. Hasil evaluasi menyimpulkan bahwa pelaksanaan sistem kliring cukup baik, karena hampir semua tahapannya sudah sesuai dengan peraturan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia, hal-hal yang sudah sesuai antaralain adalah pelaksanaan sistem kliring debet dan kredit, keikutsertaan dua siklus kliring, kliring debet dan kredit penyerahan serta pengembalian, penggunaan warkat dan dokumen kliring, serta pengecekan warkat dan/atau Kiriman Uang sebelum diproses.Beberapa hal yang kurang sesuai dan menyebabkan tolakan kliring adalah penerimaan dan pemrosesan bilyet giro sebelum tanggal efektif, saldo rekening tertarik tidak mencukupi, kekurangan pengisian persyaratan formal, rekening tertuju telah ditutup, tandatangan tidak sesuai dengan specimen, dan sebagainya. Kesalahan yang menyebabkan terjadinya tolakan kliring berasal dari human error. Berdasarkan dari itu peneliti menyarankan agar petugas kliring dan nasabah peserta kliring meningkatkan ketelitian, baik dalam pengecekan maupun pengisian, untuk meminimalisir terjadinya kesalahan. Pengendalian intern yang diterapkan PT. Bank X (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Mojokerto sudah mampu mencapai tujuan pengendalian intern. Kata Kunci: Kliring, SKNBI, Sistem, Pengendalian Intern

Downloads

Published

2014-07-21

Issue

Section

Articles