PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP EKUITAS MEREK (Studi pada konsumen mobil Toyota Avanza tahun 2012 di Auto 2000 Malang cabang Sukun)

Authors

  • Agung Wicaksono

Abstract

This study aims to find out how the marketing communications together or separately, and to tell the influential variables are dominant in the brand equity. As for the independent variables used in this study are of Advertising, Customer Relations and Personal Selling. Dependent variable used in this study is Brand Equity. Of research in this study was the explanatory research, which used research instruments in the form of a questionnaire that is disseminated to the 92 respondents who are consumers Toyota Avanza 2012 Sukun Malang. To test the validity of the instruments used to test, and test reliability. As for the technique of data analysis using descriptive analysis and multiple linear regression analysis. From the results of this study found that variables advertising, customer relations, personal selling are jointly significant effect on brand equity and separately the three variables are also significant effect on brand equity. Customer relationship is the dominant variable affecting brand equity.Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi pemasaran secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri serta untuk mengetahui variabel yang berpengaruh secara dominan terhadap ekuitas merek. Adapun Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk Periklanan , Hubungan Pelanggan dan Penjualan Personal. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Ekuitas Merek. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah explanatory research yang mana menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang disebar kepada 92 responden yang merupakan konsumen toyota Avanza tahun 2012 cabang Sukun kota Malang. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas, dan uji reliabilitas. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa variabel periklanan, hubungan pelanggan, penjualan personal secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap ekuitas merek dan secara sendiri-sendiri ketiga variabel juga berpengaruh signifikan terhadap ekuitas merek. Hubungan pelanggan merupakan variabel dominan yang mempengaruhi ekuitas merek.Kata kunci: Periklanan, Hubungan Pelanggan, Penjualan Personal, Ekuitas Merek

Downloads

Published

2014-07-21

Issue

Section

Articles