ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERN PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT Anugerah Cendrawasih Sakti Motor Malang)

Authors

  • Winda Kusuma Wardani

Abstract

The purpose of this study is to understanding the systems and procedures of sales and cash receipts and to understanding the systems and procedures of sales and cash receipts to support of efforts to improve internal control in PT Anugerah Cendrawasih Sakti Motor Malang. This research is a descriptive qualitative approach. Data obtained from secondary data. The techniques of data collection used the documentation. Data analysis is systems and procedures of sales and cash receipts and internal control aspects in PT Anugerah Cendrawasih Sakti Motor Malang. The results indicated that there is combination of financial functions and purchasing function, the tax function is not included in draft the organization structure, the implementation of sales activities do by a separate function or ungroup in sales section, and double function in  the administrative functions with the cashier function.

Keywords: Accounting Systems, Sales, Cash Receipts, Organization Structure

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas dan untuk mengetahui sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas dalam mendukung upaya peningkatan pengendalian intern PT Anugerah Cendrawasih Sakti Motor Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data meliputi sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas dan aspek pengendalian intern di PT Anugerah Cendrawasih Sakti Motor Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi pengabungan fungsi keuangan dengan fungsi pembelian, fungsi pajak belum dicantumkan pada struktur organisasi, pelaksanaan kegiatan penjualan dilakukan oleh fungsi yang terpisah atau tidak tergabung dalam bagian penjualan, dan terjadi perangkapan fungsi adminstrasi dengan fungsi kasir.

Kata kunci: Sistem Akuntansi, Penjualan, Penerimaan Kas, Struktur Organisasi

Downloads

Published

2014-07-14

Issue

Section

Articles