UPAYA DINAS KOPERASI UKM DALAM MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA (Studi pada Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Sidoarjo)

Authors

  • Windy Rosianti

Abstract

The purpose of the study is to examine and explain what is being done by the Department of Cooperative SMEs in conducting education and training to improve entrepreneurship motivation. The results showed that SMEs Cooperatives efforts include training needs analysis, cost effectiveness, appropriate use of professional skills instructors, provide training facilities, teaching equipment and media Provide training, Preparing training materials and hand-outs, Conformity time with participants, provide consumption adequate, giving a case study exercises, Maximizing motivation in participants (desires, needs and fears dismissed), Provide direction based on talent and desire, providing guidance related to the type of profession, provide post-training facilities, evaluation and monitoring. Keywords : Education and Training, Motivation and Entrepreneurial.Abstrak Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan upaya apa saja yang dilakukan oleh Dinas Koperasi UKM dalam menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan motivasi berwirausaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Dinas Koperasi UKM meliputi Analisis kebutuhan pelatihan, Efektivitas biaya, Penggunaan instruktur profesional sesuai keahlian, Menyediakan fasilitas pelatihan, Menyediakan peralatan peraga dan media pelatihan, Menyiapkan materi pelatihan dan hand-outs, Kesesuaian waktu dengan peserta pelatihan, Menyediakan konsumsi yang memadai, Memberikan latihan studi kasus, Memaksimalkan pemberian motivasi pada peserta (keinginan, kebutuhan dan menepis perasaan takut), Memberikan arahan berdasarkan bakat dan keinginan, Memberikan bimbingan terkait jenis profesi, Menyediakan fasilitas pasca pelatihan, Evaluasi dan monitoring. Kata Kunci : PendidikandanPelatihan, MotivasidanWirausaha.

Downloads

Published

2014-07-14

Issue

Section

Articles