ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS (Studi Kasus pada Perusahaan Kecap cap “Kuda” Tulungagung Tahun 2013)

Authors

  • Auful Hidayati

Abstract

This research aims to describe analysis ofdifferential cost fordecision making acceptor rejectspecial order in KetchupCompanystamp of"Kuda". The research method used in this research is descriptive case study approach. The focus ofthis researchare thesales data, production data, cost production data, dataof non-costs production, and income report of"Kuda" KetchupCompanyin 2013. The collecting data technique usedin this research is documentation. The sourceof data for this research isthe secondarydata source. The result of this research are: the company will receive additional profits of Rp 2.748.258,96 if the company received special order from UD. Jiar; the company will receive additional profits of Rp 2.392.904,17 if the company received special order from UD. Sumber Rejeki.Based on this research, then the companysuggested to receive the special order from UD. Jiar and UD. Sumber Rejeki, because receive the special order make the company get additional profits.

Keywords :Analysis ofDifferential Cost, Decision Making, Special Order

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan analisis biaya diferensial dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus di Perusahaan Kecap Cap “Kudaâ€. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Fokus penelitian ini adalah data penjualan, data produksi, data biaya produksi, data biaya non produksi, dan laporan laba rugi Perusahaan Kecap cap “Kuda†tahun 2013.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder.Hasil dari penelitian ini yaitu: perusahaan akan memperoleh tambahan laba sebesar Rp 2.748.258,96jika menerima pesanan khusus dari UD. Jiar; perusahaan akan memperoleh tambahan laba sebesar Rp 2.392.904,17 jika menerima pesanan khusus dari UD. Sumber Rejeki. Berdasarkan hasil penelitian ini maka perusahaan disarankan untuk menerima pesanan khusus dari UD. Jiar dan UD. Sumber Rejeki, karena dengan menerima pesanan khusus tersebut perusahaan akan memperoleh tambahan laba.

Kata kunci : Analisis Biaya Diferensial, Pengambilan Keputusan, Pesanan Khusus

Downloads

Published

2014-07-01

Issue

Section

Articles