ANALISIS PENDEKATAN NILAI SEKARANG DENGAN METODE DIVIDEND DISCOUNT MODEL UNTUK MENILAI KEWAJARAN HARGA SAHAM (Studi pada Perusahaan-Perusahaan Sektor Property dan Real Estate yang Tercatat di BEI Tahun 2010-2012)

Authors

  • Anisa Hilmy Rositha

Abstract

This research is dedicated to find the fairness of property and real estate firm stock’s price that analyzed using present value approach on Dividend Discount Model, moreover suggest decision making for investor. it use secondary data that include financial reports and closing price. The sample’s are ASRI, CTRA, CTRP, CTRS,GMTD, GPRA, JRPT,LPKR, MKPI, PLIN, PUPD,and SMRA. Based on the result, undervalued stocks and a good companies financial performance are CTRA, CTRP, GMTD, GPRA, LPKR, MKPI, PLIN, SMRA that those stock are affordable. ASRI and JRPT have good financial performances, but the price are overvalued so it’s better if to be hold. PT Ciputra SuryaTbk(CTRS) andPTPudjiadi Prestige Tbk(PUPD) are in bad financial condition’s and the stock are overvalued, so it will be best decision for investor if sell it or not to be bought.

Keywords : Present value approach, Dividend Discount Model, Stock Price Valuation.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kewajaran harga saham perusahaan-perusahaan yang bergerak pada sektor property dan real estate dianalisis menggunakan pendekatan nilai sekarang dengan metode Dividend Discount Model,  serta keputusan yang sebaiknya diambil investor.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data skunder, yang berupa laporan keuangan perusahaan dan closing price. Sampel dalam penelitian ini adalah ASRI,CTRA, CTRP, CTRS,GMTD, GPRA, JRPT,LPKR, MKPI, PLIN, PUPD,  dan  SMRA. Berdasarkan hasil penelitian, saham yang memiliki penilaian undervalued dan kondisi kinerja keuangan perusahaan dalam kondisi baik CTRA, CTRP, GMTD, GPRA, LPKR, MKPI, PLIN, SMRA maka saham-saham tersebut layak dibeli. Saham ASRI dan JRPTmemiliki kondisi kinerja keuangan yang baik, namun harga sahamnya dinilai overvalued maka keputusan yang tepat bagi investor adalah tidak menjualnya terlebih dahulu. PT Ciputra Surya  Tbk  (CTRS)  dan  PT  Pudjiadi  Prestige  Tbk   (PUPD) memiliki  kondisi keuangan yang kurang baik serta sahamnya dinilai overvalued, maka keputusan yang tepat bagi investor adalah menjualnya atau dihindari untuk dibeli.

Kata kunci: Pendekatan Nilai Sekarang, Dividend Discount Model, Penilaian Harga Saham

 

Downloads

Published

2014-07-01

Issue

Section

Articles