STRATEGI PEMASARAN KERAJINAN BUAH KERING UNTUK MENINGKATKAN NILAI EKSPOR PADA UD. INDO NATURE, LOMBOK–NTB

Authors

  • Ade Ismi Darmayani

Abstract

UD. Indo Nature is a company exports dried fruit botanical decoration, located in Lombok, West Nusa Tenggara. UD. Indo Nature has an objective to become one of the best handicrafts exporter and able to introduce Indonesian to the world, so it needs a marketing strategy in order to increase the export value and compete in foreign markets. The purposes of this research are to identify opportunities and threats,  strengths and weaknesses factorsof company, to figure out marketing strategies applied by company, and to analyze the appropriate strategies to be implemented by UD. Indo Nature to increase the export value of dried fruit botanical decoration. The type of this research is deskriptive qualitative research with case study. By method of analysis is SWOT, the results showed that the company’s greatest strength is the are of marketing reach the countries in Europe and USA, while the company’s biggest weakness is utilizing social media for promotion. The company’s greatest opportunities is to develop market with free trade that can facilitate access to world markets, while the biggest threats to the company comes from two competitiors in West Nusa Tenggara. Keywords: Marketing Strategy, Export, Handicraft, Dried Fruit Botanical Decoration. ABSTRAK UD. Indo Nature merupakan perusahaan eksportir kerajinan buah kering di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tujuan menjadi salah satu eksportir kerajinan/handicraft yang maju dan dapat mengenalkan kerajinan Indonesia di mata dunia, sehingga perusahaan membutuhkan strategi dalam melakukan pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan perusahaan serta bersaing di pasar luar negeri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor pendukung penghambat, kekuatan dan kelemahan perusahaan, mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan, dan menganalisis strategi yang tepat untuk digunakan perusahaan. Jenis penelitian ini deskrtiptif dengan pendekatan kualitatif yang bersifat studi kasus. Menggunakan metode analisis SWOT, hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan terbesar perusahaan terletak pada fokus pemasaran ekspor perusahaan yang menjangkau ke negara-negara di Eropa dan Amerika Serikat sedangkan kelemahan terbesar perusahaan adalah minimnya penggunaan media sosial seperti website untuk promosi. Peluang terbesar perusahaan adalah munculnya perdagangan bebas yang dapat mempermudah akses ke pasar internasional sedangkan ancaman untuk perusahaan adalah dari dua eksportir pesaingnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kata kunci : Strategi pemasaran, ekspor, kerajinan buah kering (dried fruit botanical decoration), kerajinan/handicraft

Downloads

Published

2014-07-01

Issue

Section

Articles