PENERAPAN COST VOLUME PROFIT ANALYSIS SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENJUALAN (Studi Pada PT. Sang Hyang Seri (Persero) Kantor Regional III Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Cost Volume Profit Analysis sebagai alat perencanaan laba dan pengambilan keputusan penjualan, pada PT. Sang Hyang Seri (Persero) Kantor Regional III Malang. Tehnik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) mengumpulkan data-data perusahaan 2) mengklasifikasi biaya 3) perhitungan contribution margin ratio 4) perhitungan break even point 5)perencanaan laba dan penjualan 6) penetapan harga jual tahun 2012 dan 7) perhitungan margin of safety. Berdasarkan hasil pengamatan, PT. Sang Hyang Seri (Persero) Kantor Regional III Malang menghitung perencanaan laba dan penjualan dengan menggunakan metode variable costing. Ketidakcermatan muncul setelah ditemukannya pemisahan biaya yang dimiliki metode ini, dimana biaya semi variabel tidak diklasifikasikan ke dalam biaya tetap dan biaya variabel yang menyebabkan perencanaan laba dan pengambilan keputusan penjualan belum dapat sepenuhnya direalisasikan dengan baik. Dengan penerapan analisis yang tepat diharapkan nantinya dapat membantu perusahaan dalam merencanakan target laba dan keputusan penjualan. Alat analisis yang bisa membantu perusahaan dalam memperbaiki kondisi tersebut adalah Cost Volume Profit Analysis.
Â
Keywords : Cost Volume Profit Analysis, perencanaan laba, pengambilan keputusan penjualan